Tak Mengira Rossi ‘Ambil Jalan Pintas’, Marquez Merasa Menang di Assen


768758584848

ASSEN (SDI) – Marc Marquez harus puas finis kedua pada balapan dramatis MotoGP Belanda setelah dikalahkan Valentino Rossi. Meski demikian, Bintang Repsol Honda ini merasa bahwa dirinya layak memenangi lomba di Sirkuit Assen tersebut.

Marquez mengawali akhir pekan GP Belanda dengan buruk setelah terjatuh di latihan pembuka. Tapi ia bisa bangkit dan mengamankan start barisan depan dalam sesi kualifikasi saat memakai motor lama dari frame Honda. Hal ini membuat pembalap Spanyol itu lebih nyaman di motor, yang memungkinkan dia untuk mengambil lebih banyak risiko dan mendorong seperti yang dia lakukan pada tahun 2014.

Marquez mengambil pendekatan yang berbeda untuk balapan di Assen, memutuskan untuk tenang selama awal lomba, menunggu kesempatan menyalip Rossi. Chicane terakhir adalah bagian penting dari rencana Marquez dan ia menghabiskan banyak lap mempelajari racing line Rossi melewati tikungan. Seperti pada tahun 2006, Colin Edwards dan Nicky Hayden, chicane terakhir menyuguhkan pertarungan dramatis.

Insiden pun terjadi. Marquez dan Rossi bersenggolan saat bertarung dalam jarak yang amat berdekatan di tikungan akhir. Untuk menghindari tabrakan, Rossi akhirnya melebar keluar lintasan dan memotong jalur. Imbasnya, Rossi pun finis lebih dulu, sementara Marquez harus puas finis kedua.

“Anda tak bisa membayangkan apa yang saya rasakan, saya benar-benar senang karena kami kembali ke puncak. Kami kembali bertarung untuk kemenangan yang paling penting. Saya senang karena kami biasanya kesulitan di sini. Yang terpenting meskipun, saya enjoy di atas motor lagi. Masih ada beberapa area untuk ditingkatkan.” Uar Marquez.

“Saya tenang dan tenang saat balapan dan banyak belajar dari Rossi, belajar ketika saya bisa menyalip dia dan saat menyerang. Saya membuat kesalahan di tiga lap tersisa, tapi saya berhasil comeback, sepanjang balapan saya fokus mempelajari chicane terakhir dengan sempurna, saya tahu di mana harus menempatkan motor untuk membatasi ruang, tapi saya tak mengira dia akan memotong tikungan. Pada akhirnya saya merasa kami memenangi lomba, tapi lima poin tak terlalu penting bagi saya.”

“Sangat penting bagi saya dan tim untuk comeback, terutama di trek di mana kami sudah kesulitan sebelumnya. Kami menikmati trek dan motor serta banyak peningkatan, terutama di akhir lomba. Saya menjaga ban banyak dan kini kami akan menuju ke Jerman. Saya belajar beberapa motorcross dari Rossi hari ini!” tuntas The Baby Alien – Julukan Marquez.

Kini Marquez di posisi empat di klasemen dengan 89 poin, tertinggal 74 poin dari sang pemuncak Rossi. [[mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

