Rossi Merasa Beruntung Tak Terjatuh Usai Senggolan dengan Marquez


785875848484867

ASSEN (SDI) – Valentino Rossi sukses meraih kemenangan ketiga musim ini setelah finis terdepan pada balapan dramatis MotoGP Belanda usai memenangi pertarungan sengit melawan Marc Marquez di tikungan akhir sirkuit Assen, pada hari Sabtu (27/6) malam WIB.

Bagi Rossi ini merupakan kemenangan pertamanya dari posisi pole sejak GP Misano 2009. Assen yang memiliki karakter cepat dan mengalir, sangat cocok untuk pembalap Italia itu dan M1 miliknya. Tak heran jika trek itu selalu bersahabat dengan The Doctor yang juga mengambil kemenangan ke-100 nya di sirkuit tersebut pada tahun 2009.

Rossi melesat ke depan selepas start untuk memimpin sebagian besar balapan meskipun terus ditekan oleh Marquez. Tapi berkat segudang pengalaman Rossi bisa merespon situasi. Pada akhirnya kedua pembalap tersebut terlibat insiden di tikungan terakhir jelang lomba akan usai.

Rossi terpaksa keluar trek untuk menghindari tabrakan dengan Marquez dan ia mampu mengendalikan motor sehingga terhindar dari crash. Rossi akhirnya finis pertama dan Marquez harus puas finis kedua.

“Sangat penting untuk mengambil keuntungan ketika Anda kuat dalam kejuaraan seketat ini. Saya pikir saya melakoni balapan yang baik dari awal, start dari pole sedikit lebih memudahkan dibandingkan start dari baris ketiga!” ujar Rossi diwartakan laman resmi MotoGP.

“Saya mendorong dari awal dan memiliki kecepatan yang solid jadi saya pikir secara keseluruhan lap pertama saya itu bagus. Saya memiliki kecepatan yang baik dan melihat saya bisa menaruh beberapa jarak antara Jorge dan saya. Sayangnya kecepatan ini belum cukup untuk menjauh dari Marc. Saya berusaha mendorong hingga limit tapi dia bisa mengejar saya.”

“Saya mencoba untuk mendorong keras lagi menjelang akhir dan tak bisa membiarkan Marc, kemudian saya memiliki sedikit kekhawatiran karena saya benar-benar di batas diri sendiri dan motor. Marc menyalip saya dan dari belakang, saya melihat dia sangat cepat, tapi saya tahu saya bisa melaju sedikit lebih cepat.”

“Saya melakoni lap terakhir sangat baik dengan waktu yang baik. Saya melihat saya punya sedikit keuntungan tapi saya tak bisa mencetak lap time yang sama lagi. Saya berharap Marquez tak akan bangkit, tapi dia melakukankannya.”

“Saya tiba di chicane terakhir pada batas, saya masuk dan melihat Marc memaksakan motor tapi sudah terlambat. Kami tersentuh jadi saya harus memotong tikungan dan saya cukup beruntung bisa mengontrol motor di gravel, sulit untuk mengetahui seberapa dalam gravel itu. Saya pikir itu adalah pertarungan besar terakhir kali kami bertarung demi kemenangan.” Tuntas Rossi.

Kini Rossi masih di puncak klasemen dengan mengoleksi total 163 poin, unggul 10 poin dari pesaing terdekat yakni rekan setimnya Jorge Lorenzo yang berada di peringkat kedua. [[mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

