Rossi: Assen Selalu Istimewa Bagiku, Pole Ini Sangat Penting


96856496295692

ASSEN (SDI) – Valentino Rossi sukses meraih pole position pertama musim ini setelah mencatatkan waktu tercepat dalam kualifikasi MotoGP Belanda di sirkuit Assen, Jum’at (26/6). Pembalap Movistar Yamaha ini mengatakan start posisi terdepan ini sangat penting karena ia kerap kesulitan di sesi kualifikasi.

Memuncaki kombinasi waktu latihan bebas setelah FP4, Rossi bertekad untuk melaju cepat di sesi Q2 selama 15 menit. Ia merupakan pembalap pertama yang meninggalkan pit lane dan sesaat berada di urutan atas sebelum melorot ke tempat kedelapan. Upaya kedua Rossi juga belum berhasil, tapi di lap ketiga dia naik ke posisi kelima.

Kemudian Q2 tersisa 7 menit, Rossi bergegas kembali ke pit box nya untuk mencoba ban yang fresh. Setelah satu menit ia siap untuk melahap trek lagi. Pembalap Italia ini tidak mampu memperbaiki lap berikutnya, melorot ke posisi kedelapan, tapi hal itu memotivasinya. Dengan fokus dan tak mudah menyerah, The Doctor mengeluarkan semua upayanya jelang sesi usai.

Pada akhirnya Rossi secara brilian mencetak lap tercepat dengan 1’32.627 detik untuk merebut pole, lebih cepat 0.231 deti dari peraih posisi kedua Aleix Espargaro. Torehan Pole sembilan kali juara dunia ini 0.835 detik lebih cepat daripada rekor best lap sirkuit sebelumnya yang ditetapkan oleh Marc Marquez pada tahun lalu.

“Assen selalu istimewa bagi saya, karena saya memiliki kenangan besar di sini. Saya sudah menang di sini di masa lalu dan banyak balapan penting dalam karir saya berlangsung di sirkuit ini. Saya suka trek ini, karena itu fantastis.” Ucap Rossi selepas Q2 sebagaimana dilansir laman resmi MotoGP.

“Ada banyak orang sudah berkumpul di sini hari ini dan ini adalah momen yang baik, karena memberikan perasaan khusus ketika Anda mendapatkan posisi pole, terutama bagi saya, karena ini tidak sering terjadi. Mendapatkan pole position sangat penting untuk besok. Itu sangat penting bahwa saya memulai akhir pekan ini dengan baik, dimulai dengan sesi latihan pertama kemarin.”

“Saya merasa baik di atas motor dan memulai dengan setup dasar yang baik. Hasil hari ini penting karena saya ingin start lebih di depan, karena kami selalu sangat kesulitan saat kualifikasi pada baris kedua dan ketiga.” Tuntas Vale – sapaan akrab Rossi. [[mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

