Bintang MotoGP Antusias Hadapi Pertarungan di Assen


784587484846747646737

ASSEN (SDI) – Sejumlah bintang MotoGP seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Dani Pedrosa, Andrea Iannone serta Bradley Smith menghadiri sesi konferensi pers GP Belanda, Kamis (25/6/2015). Mereka pun sangat antusias dan siap bertarung pada balapan di sirkuit TT Assen akhir pekan ini.

Valentino Rossi datang ke Assen sebagai pemuncak klasemen kejuaraan dengan hanya unggul satu poin dari rekan setimnya Jorge Lorenzo. Pembalap Italia itu sudah menang di Assen sebanyak delapan kali (1x 125cc, 1x 250cc, 6x MotoGP), dan kemenangan terakhirnya diraih pada tahun 2013. The Doctor sendiri tahu dia harus meningkatkan penampilannya di sesi kualifikasi untuk memiliki kesempatan agar bisa mengalahkan Lorenzo: “Ya, Jorge lebih baik dari saya dalam kualifikasi; dia selalu sedikit lebih cepat. Ini sulit karena ada banyak motor yang sangat cepat dan Suzuki serta Ducati punya ban lunak ekstra untuk membantu. Honda juga sangat cepat, tapi Jorge memiliki ban dan motor yang sama seperti saya, jadi kami harus meningkatkan. Start dari baris ketiga sangat sulit, di Barcelona saya memiliki kecepatan yang baik dan kami tidak kehilangan banyak waktu untuk sampai ke posisi kedua, tapi sesudah itu Jorge menjauh. Setiap akhir pekan dan trek memiliki cerita yang berbeda sehingga kami harus memahami potensi motor dan ban serta tampil maksimal dari hari Jum’at.”

Rossi juga mengungkapkan bahwa ia akan mengevaluasi frame baru selama akhir pekan ini setelah mencobanya dalam tes privat: “Rencananya adalah untuk mencoba frane baru di dua trek yang berbeda dan itu penting untuk mencobanya di Barcelona (tes Resmi ) karena kami bisa membandingkan kembali ke belakang dari perlombaan, tapi kondisinya sangat buruk. Kami hanya mencoba frame baru di Aragon dan saya pikir kami akan mencobanya besok dan memahami dalam sesi latihan jika kami memiliki sesuatu yang lebih baik atau tidak.”

Menghadapi GP Belanda, Jorge Lorenzo sedang dalam performa terbaik setelah memenangkan empat balapan terakhir secara beruntun. Ia juga sudah menjadi pemimpin dalam race sebanyak 103 lap pada musim ini. Pembalap Spanyol ini merasa dia sedang mengalami salah satu momen terbaik dalam karirnya: “Saya memiliki beberapa periode yang sangat baik dalam karir saya, tapi mungkin kami tidak memiliki motor ini. Terutama dalam perlombaan motor kami sangat konstan dan kami bisa menjaga kecepatan yang tinggi, inilah mengapa kami mendominasi pada saat race sampai sekarang. Untuk saat ini, saya dalam kondisi yang baik, untuk pertama kalinya saya mengalahkan pelatih saya pada balapan bike mountain, jadi saya sangat bangga dengan hal itu! Tapi kami masih harus bekerja keras dan menemukan satu setup yang baik.”

Bintang Repsol Honda Marc Marquez sudah siap menghadapi GP Belanda. Juara Bertahan ini kini tertinggal 69 poin dari Rossi di klasemen, setelah tersingkir di balapan kandangnya, GP Catalunya. Marquez berharap dia bisa meniru kesuksesan dari tahun lalu ketika ia menang di Assen, dan ia juga akan mencoba frame 2014 pada motor RC213V-nya dalam upaya untuk memperbaiki performanya: “Tentu saja setelah dua balapan terakhir kami membutuhkan hasil yang bagus. Assen adalah trek yang saya suka, tahun lalu itu bagus, tapi itu juga balapan dalam kondisi cuaca campuran. Dua tahun yang lalu Vale dan Jorge sangat kuat. Kami harus melihat bagaimana akhir pekan ini berjalan. Kami memiliki kepercayaan diri yang baik, sayangnya tes Barcelona hujan sehingga kami tidak bisa mencoba segalanya tapi kami akan berusaha melakukan yang terbaik. Saya menggunakan frame 2014 setelah balapan, itu bagus dan saya akan menggunakannya di sini.”

Andrea Iannone tiba di Assen karena tidak finis di luar enam besar sepanjang musim. Pembalap Ducati Team itu kini menempati posisi ketiga di klasemen, setelah finis keempat di GP Catalunya. Iannone jelas merasa bahwa GP15 akan cocok dengan karakter sirkuit Assen: “Ini benar-benar penting bagi saya pada saat ini, itu positif, untuk tetap bekerja. GP14 dan 13 itu sangat sulit dalam trek ini dan saya berharap GP15 meningkat di trek ini karena kelincahan motor ini jauh lebih baik. Saya berharap naik podium. Saya ingin bertarung demi podium di setiap balapan, tapi kemenangan itu rasanya lebih baik!”

Dani Pedrosa tampil bagus di Catalunya dengan finis ketiga. Itu merupakan podium pertamanya musim ini setelah menyelesaikan proses pemulihan cedera arm-pump. Pembalap Repsol Honda ini berharap meraih hasil yang lebih baik di Assen di mana ia memiliki beberapa kenangan indah di sirkuit tersebut: “Ya kemenangan pertama saya di sini ketika saya hanyalah seorang anak kecil, itu adalah saat yang benar-benar bahagia untuk semua keluarga saya. Saya masih ingat itu! Ya, naik podium di kandang (GP Catalunya) itu sangat istimewa setelah semua yang telah terjadi. Saya belum memiliki balapan terbaik. Saya di posisi 11 di lap pertama setelah start yang buruk. Setelah lap pertama, saya tak banyak kemajuan tapi kemudian saya melaju dengan baik dan semoga kami bisa melakukan hal-hal yang lebih baik di sini. Kami harus melakoni sesi kualifikasi yang lebih baik dan akhirnya start tidak bagus!”

Bradley Smith adalah pembalap satelit terbaik di klasemen setelah dua kali finis kelima secara beruntun. Bintang Monster Yamaha Tech 3 ini kini memiliki 68 poin, hanya tertinggal satu poin dari Marquez, dan unggul lebih dari 21 poin dari rival satelit terdekat Cal Crutchlow. Smith jelas menikmati musim 2015 sejauh ini dibandingkan tahun lalu: “Ini merupakan perubahan besar musim ini dan ini menjadi lebih baik. Penampilan saya sudah bagus. Jelas obyek utama untuk musim ini adalah konsisten dan menjadi pembalap satelit teratas; sekarang saya mempunyai lebih dari 20 poin. Tidak ada yang spektakuler tapi kami sudah menyelesaikan balapan dan mendapatkan pengalaman.”

source: motogp
follow @sneijdera21

Tinggalkan Balasan

