Strategi Balap Lorenzo Berbuah Manis di Le Mans


674674673737786970

LE MANS (SDI) – Jorge Lorenzo mengulangi penampilan cemerlangnya dari Jerez dengan memenangi balapan MotoGP Prancis. Ini merupakan kemenangan keduanya secara berturut-turut pada musim ini.

Mengawali balapan selama 28 lap di sirkuit Le Mans, Minggu (17/5), Pembalap Movistar Yamaha ini melakukan start yang mulus dan mampu melesat ke depan setelah lap pertama. Usai berada di depan, Lorenzo tak terbendung oleh para rivalnya hingga akhir perlombaan.

Lorenzo pun menitik beratkan momen krusial di tikungan pertama tepat selepas start yang menjadi kunci dia memenangi balapan di Le Mans. Baginya kemenangan ini sangat penting untuk bersaing meraih titel juara musim 2015.

“Sebelum lomba saya sedikit khawatir tentang ban depan di sisi kanan, karena itu dekat di beberapa tikungan. Terkadang itu lebih buruk di balapan pada hari Minggu, karena itu lebih panas pada pukul dua dan Anda memiliki lebih banyak bahan bakar di dalam tangki dan mendorong lebih pada pengereman.”

”Pada lap ketiga atau keempat itu mulai menutup, dan saya mulai khawatir ban semakin memburuk di lap berikutnya, tapi kami beruntung ban kurang lebih tetap sama. Itu sangat dekat di sepanjang lomba tapi tidak menjadi lebih buruk. Saya mendorong sepanjang waktu dan ketika tangki bahan bakar kehabisan saya sedikit kurang menekan.”

“Jadi saat ini kami telah beruntung. Saya tahu bahwa pembalap lain juga kesulitan dengan bagian depan. Saya bisa meningkatkan di beberapa area karena saya kalah di beberapa tikungan. Itu penting untuk menempati posisi kedua dan menyalip Marc pada awal lomba dan Dovizioso di tikungan pertama. Ini adalah cara saya lebih memilih untuk balapan, karena dengan tidak ada siapapun di depan, saya bisa mengerem sempurna, menjaga corner speed dan berusaha meningkatkan gap, sehingga hal itu terjadi.”

“Itu sulit karena Andrea menjaga gap di bawah dua detik untuk waktu yang lama, tapi akhirnya saya bisa tetap berada di depan dengan keunggulan 1,2 atau 1,4 detik. Kemudian, ketika saya melihat Valentino di tempat kedua dan di beberapa tempat sedikit mendekat, saya harus berusaha mendorong begitu banyak, terutama pada pengereman, saya bisa melakukan late brake dan membalap di kisaran 1’33,004 detik, yang memberi saya keuntungan yang saya butuhkan untuk memenangkan perlombaan ini.”

“Memenangi dua balapan berturut-turut setelah finis di luar podium di tiga Grand Prix adalah sebuah kontras besar. Ini adalah hasil yang lebih baik, tetapi Anda tak boleh jumawa dan tidak ragu-ragu, karena hal-hal dapat berubah sangat cepat dan saya dapat memiliki hasil yang buruk di masa depan.”

“Sirkuit Mugello adalah trek yang baik bagi Yamaha dan terutama bagi saya, karena itu trek favorit saya, tapi Valentino juga sangat cepat di sana, jadi siapa yang tahu apa yang akan terjadi.” Tuntas Lorenzo yang kini naik ke posisi kedua di klasemen dengan selisih 15 poin atas rekan setimnya Valentino Rossi. [[mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

