Bautista: SSG Aprilia Tak Jauh Beda dari Honda


64764674656757689

JEREZ (SDI) – Alvaro Bautista telah menjajal Seamless Shift Gearbox (SSG) baru untuk pertama kalinya pada tes pasca-lomba GP Spanyol di sirkuit Jerez, Senin (4/5). Menurut Pembalap Aprilia Racing Team Gresini ini SSG itu ‘tidak jauh’ berbeda dari versi standar Honda yang sudah ia gunakan selama dua musim sebelumnya.

Dengan SSG ini memungkinkan seorang pembalap melaju lebih cepat dan perubahan gigi secara halus. Teknologi canggih itu merupakan upgrade besar berikutnya yang telah direncanakan Aprilia untuk mesin RS-GP, yang dilengkapi katup pneumatik sebagai bagian dari evolusi pada musim dingin lalu dari ART kelas Open.

Bautista mengakhiri tes di Jerez di posisi kesebelas setelah melahap 55 lap. Pembalap Spanyol ini mencatatkan waktu terbaiknya 1’39.766 detik, terpaut 1.258 detik dari peraih lap time tercepat Jorge Lorenzo. Meski demikian, secara keseluruhan ia terlihat cukup senang dengan kinerja SSG ini dan berharap segera menggunakannya dalam balapan.

“Saya sangat senang dengan perasaan pertama karena saya membalap dengan seamless Honda dan ini tidak terlalu jauh dari itu. Pada downshift kami harus sedikit meningkatkan, tapi untuk (upshift) trek lurus ini cukup mirip dengan Honda.” kata Baustista dilansir laman crash.net

“Kami harus meningkatkan pengereman karena dengan Honda itu lebih mudah untuk menghentikan motor. Rasanya seperti itu membantu saya lebih dengan pengereman mesin. Tapi saya bisa katakan saya bahagia karena Gearbox sudah siap pada level yang cukup baik. Saya sangat terkejut dengan feel-nya karena saya tak mengira itu akan sebaik ini.”

“Dari pertama keluar saya bisa merasakan perbedaan besar dibandingkan dengan Gearbox standar. Ini sangat membantu untuk menjaga ritme yang baik karena, terutama ketika ban yang digunakan, motor lebih stabil ketika saya menggeser gigi. Seperti yang saya katakan, gearbox itu tidak sempurna tapi waktu lap cukup dekat dengan kualifikasi dan perasaan saya baik. Saya ingin menggunakannya pada balapan berikutnya, tetapi itu tak mungkin!” tuntas Baustista.

Manajer Aprilia Racing Romano Albesiano berharap gearbox baru bisa membuat debut balapan dalam waktu dua sampai tiga putaran berikutnya. Ia mengatakan, “Mereka belum memiliki semua materialnya, semua bagiannya. Mulai sekarang mereka akan bekerja sangat keras untuk memilikinya siap secepat mungkin untuk balapan, tapi saya pikir itu tidak akan terjadi sebelum GP Mugello (akhir Mei).”

Aprilia dan Suzuki, yang comeback ke MotoGP musim ini, adalah satu-satunya tim pabrikan tanpa Seamless Shift Gearbox. Suzuki juga mengembangkan versi dari teknologi ini, yang dikabarkan akan mencapai tim balap pada bulan Juni. [[cn/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

