Performa Tak Maksimal, Rossi Terpaksa Menyerah di Jerez


86875875896

JEREZ (SDI) – Juara Dunia Sembilan kali Valentino Rossi mengatakan bahwa ia tidak membalap dalam level maksimal pada balapan MotoGP Spanyol, Minggu (3/5). Pembalap Movistar Yamaha itu terpaksa harus menyerah untuk mengejar dua rivalnya yang berada di depan, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

Start dari kelima, Rossi mencoba tancap gas dan naik satu posisi di tikungan pertama sebelum kemudian menyalip Pol Espargaro di lap empat. Lalu dia mencoba untuk memangkas gap dua detik dari dua pembalap di depan, Lorenzo dan Marquez, sambil menjaga keunggulan atas dua rider di belakangnya, Espargaro dan Cal Crutchlow.

Meskipun gap terhadap Marquez pada awalnya meningkat, Rossi tak menyerah untuk terus mengejar. Niatnya tak sia-sia ketika 15 lap tersisa, ia mulai mendekati juara bertahan itu. Namun karena ban depan mulai drop jelang tahap akhir lomba, The Doctor tak mampu mengulangi penampilannya di Argentina dan ia pun memutuskan untuk mengamankan posisi ketiga.

“Itu adalah akhir pekan yang sulit. Dari hari Jumat kami sedang berjuang banyak untuk menemukan setup yang tepat dan saya tidak bisa membalap pada level maksimum. Kami meningkatkan dan bekerja sampai setelah sesi pemanasan, berusaha memperbaiki setup.” Ujar Rossi, yang sudah mengumpulkan podium ke-200 selama berkarir di ajang Grand Prix.

“Saya naik podium, jadi itu tak terlalu buruk, tetapi juga dalam perlombaan saya tidak cukup kuat untuk bertarung dengan Jorge dan juga dengan Marc. Terutama memasuki tikungan saya tidak 100%. Saya punya satu momen dalam balapan di mana saya tidak tampil begitu buruk dan saya dekat dengan Marc. Kami berharap untuk pertarungan lain yang bagus sampai akhir dan saya pikir saya bisa melakukannya, karena gap saya hanya sedetik, tetapi saya harus menyerah.” Lanjutnya.

Dengan tambahan 16 poin di Jerez, Rossi makin kokoh di puncak klasemen dengan keunggulan 15 poin atas peringkat kedua Andrea Dovizioso. Namun peraih tujuh gelar MotoGP ini kini harus mewaspadai kebangkinan rekan setimnya Lorenzo.

“Saya telah mencetak banyak poin dan mencetak dua kemenangan dan empat kali naik podium. Kali ini saya menambah keunggulan saya atas Dovizioso, tapi sepertinya Jorge juga comeback ke kejuaraan dengan kemenangan ini. Dia hanya 20 poin di belakangku, tapi kejuaraan ini masih panjang. Kami tidak harus berpikir tentang poin lagi, hanya motor, berusaha untuk menjadi kompetitif setiap akhir pekan.” Tuntas Rossi. [[mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

