Valentino Rossi: Kami Selalu Melawan Sejumlah Masalah


86498269

JEREZ (SDI) – Valentino Rossi harus puas menempati posisi ketiga di MotoGP Jerez setelah kehilangan kepercayaan dirinya pada motornya di lap terakhir saat ia mengejar Marc Marquez. Meski demikian, pembalap Italia itu masih bisa menyelesaikan balapan dengan mencetak rekor 200 podium Grand Prix.

Sepanjang balapan di sirkuit Jerez, Minggu (3/5), Rossi terus berusaha mendekati Marquez saat ia tertinggal 1,3 detik. Namun Pembalap Movistar Yamaha itu gagal mengejar kecepatan bintang Repsol Honda itu yang akhirnya finis kedua di belakang sang pemenang lomba Jorge Lorenzo.

“Ada satu momen dalam balapan di mana saya pikir saya bisa mengejar Marc, karena saya membalap dengan baik dan memiliki kecepatan yang bagus. Tapi jujur itu adalah akhir pekan yang sulit bagi kami. Kami selalu memerangi sejumlah masalah. Kami meningkatkan untuk balapan, tapi saya tahu bahwa Jorge punya kecepatan yang lebih baik dari siapa pun.” Ujar Rossi.

“Saya pikir saya bisa tetap dengan Marc. Tapi sayangnya saya tidak cukup kuat di lap pertama dan saya kehilangan beberapa waktu untuk menyalip Pol (Espargaro). Setelah itu, saya banyak menekan tapi di lap terakhir saya tidak merasa sangat percaya diri dengan motor,” lanjutnya dilansir laman crash.

“Saya seharusnya mengambil banyak risiko. Saya memangkas satu detik dari Marc, tapi saya mulai memiliki beberapa masalah, sejumlah masalah, jadi saya pikir itu terlalu berisiko untuk mencobanya.”

Rossi berharap rekan satu timnya bertarung untuk gelar juara dengan Lorenzo tampaknya kembali ke performa terbaiknya setelah tampil mengecewakan di tiga seri awal musim ini, tapi ia senang bisa menambah keunggulannya di puncak klasemen atas rival terdekat Andrea Dovizioso menjadi 15 poin.

“Bagaimanapun itu adalah podium lain, saya telah menambah keunggulan saya atas Dovizioso di klasemen – tapi sepertinya setelah akhir pekan ini juga Jorge adalah penantang untuk kejuaraan. Dia hanya 20 poin di belakang saya, tapi kejuaraan ini masih panjang.” Kata Rossi.

“Kami tidak harus berpikir soal poin lagi, hanya motor, berusaha untuk menjadi kompetitif setiap akhir pekan. Sekarang kami harus berusaha tampil maksimal untuk melaju lebih cepat, dimulai dengan tes pasca lomba besok.”

Setelah balapan Rossi berterima kasih kepada Marquez yang telah memberi saran baginya untuk fokus pada targetnya agar membuat persaingan musim ini menarik. “Saya mengatakan ‘thank you’ untuk Marc, karena dengan dia berada di depan membuat balapan lebih mudah. Jika tidak, sepi, akan sangat membosankan! Saya punya imagenya di depan saya,” kata Vale. “Saya menikmatinya lebih karena hal ini dan itu membuat balapan lebih singkat.”

Sepanjang di Jerez, Rossi mengatakan ia tidak pernah menemukan setup yang bagus, dan terutama masalah ban yang membuat dia kesulitan. “Kami tidak pernah menemukan setup yang sempurna. Jujur kami mencoba sesuatu yang berbeda pada hari Jumat dan kami kehilangan beberapa waktu. Pada hari Sabtu kami meningkat banyak tapi itu tidak cukup. Itu selalu sulit selama akhir pekan dengan opsi ban,” katanya.

Rossi menambahkan, “Untuk bagian belakang itu saya mengira untuk balapan dengan ban hard, yang sedikit lebih baik di atas kertas, tapi sayangnya ban hard tidak memiliki cukup grip. Itu terlalu lambat. Jadi kami harus menggunakan ban soft. Kami juga bekerja hari ini dan dalam sesi pemanasan itu tidak begitu buruk, tapi saya tahu untuk balapan itu akan sulit.”

Finis ketiga di Jerez, membuat Rossi kini telah mengoleksi 200 podium selama karirnya di Grand Prix dan pembalap veteran ini mengungkapkan bahwa dia akan terus melebarkan pencapaiannya itu di lebih dari satu lokasi. “Sebagian di rumah saya, sebagian di rumah ibu saya, Sebagian [dengan] Graziano, sedikit di sekitarnya!” Tutupnya. – [[cn/sdi – Follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

