Debat Alot Soal Insiden GP Argentina, Rossi-Marquez Tak Pantas Dendam di Jerez


IMG_20150501_133947

Jerez (SDI) – Dua bintang MotoGP Valentino Rossi dan Marc Marquez menegaskan bahwa mereka tetap akan bersaing seperti biasanya pada balapan MotoGP Spanyol di Jerez akhir pekan ini, meskipun mereka sempat terlibat senggolan dramatis di GP Argentina.

Marquez tampak akan menang di Argentina setelah unggul jauh dari lawan-lawannya sejak awal lomba. Namun sayangnya ia terjatuh di dua lap terakhir akibat menyenggol motor Rossi yang akhirnya memenangi balapan.

“Kami tidak berbicara, tapi saya pikir kami berdua sudah mengerti apa yang terjadi. Yang ada di Argentina dan di sini adalah hal lain dan hal ini tidak diperlu untuk membicarakan hal itu.” Ujar Marquez dalam sesi jumpa pers di Jerez pada hari Kamis sebagaimana diwartakan lamam crash.

“Itu adalah apa yang Anda lihat pada kamera. Itu perubahan arah dan ketika Valentino berbelok saya tidak menduga dan kemudian aku tak beruntung roda depan menyenggol, tapi terkadang hal ini terjadi dalam balapan. Itu adalah putaran dua, Anda mendorong 100 persen. Tapi itu hanya itu.” Lanjutnya.

“Pada perubahan arah juga memungkinkan Yamaha Apakah garis itu tidak berbeda dibandingkan dengan Honda. Tapi aku mengerti. Saya pikir dia memahaminya juga.”

Rossi, yang kini unggul 30 poin dari Marquez setelah kemenangan kedua dalam tiga balapan, kemudian menanggapi hal tersebut.

“Saya ya setuju. Pasti itu tekanan yang sangat besar untuk posisi kedua. Kami menyentuh dalam perubahan arah dan sayangnya Marc menyentuh swingarm saya dan dia terjatuh. Hanya ini.” Ujar tujuh kali juara dunia MotoGP itu.

Ketika ditanya apakah ia telah mengambil garis yang tidak biasa di tikungan keluar, teori yang dikemukakan oleh beberapa orang sebagai penyebab kontak, Rossi menjawab:

“Tidak, aku tidak berpikir itu. Bagi saya itu adalah pertama kalinya bahwa kami bersama-sama. Mungkin dalam perubahan arah Honda dan Yamaha melahap racing lineg yang sedikit berbeda. Kami sangat dekat dan ketika saya berbelok arah kami menyenggol satu sama lain dan sayangnya Marc terjatuh.”

Marquez tidak akan menyadari racing line normal Rossi dari turn 5-turn 6 sejak dia memimpin dari awal lomba. Pembalap lain juga mengomentari isu garis balap berbeda yang diambil oleh motor yang berbeda.

“Saya pikir gaya yang berbeda dari motor, jelas Anda dapat melihatnya di trek,” kata bintang LCR Honda Cal Crutchlow. “(Gaya) pengereman Honda benar-benar telat ke tikungan. Jadi jika Anda memiliki satu orang di depan Anda, Anda datang benar-benar dekat dengan mereka. Jika Anda melihat Marc pada tahun pertama, berapa kali dia datang benar-benar dekat dengan pembalap di depan, itu karena gaya motor. Tapi Anda harus mempelajari motor pesaing, serta gaya mereka.”

Bintang tim Ducati Andrea Dovizioso menambahkan: “Ketika Anda fight Anda harus memahami pembalap di depan Anda, jenis garis yang dia lakukan … Itu selalu bagus untuk pertarungan sangat dekat. Terkadang bisa berbahaya atau Anda dapat crash seperti Marc. Tapi ini adalah salah satu hal yang baik dan menyenangkan balap.”

Tim-mate Rossi, Jorge Lorenzo telah vokal dalam hal mengkritik kontak dari orang-orang seperti Rossi dan Marquez di masa lalu.

“[Rossi dan saya] bersaing bersama-sama selama bertahun-tahun dan kami sudah sangat hampir menabrak, terutama pada GP Motegi [2010] saya pikir! Dan pada GP Catalunya [2009]. Tapi kami masih tetap di atas motor. Anda harus berhati-hati di MotoGP, bukan hanya dalam Anda membalap, tapi orang di depan Anda dan terkadang orang yang mengikutinya. Jadi itu bukanlah pekerjaan mudah.”

Marquez kecewa hasil buruk di Argentina, tapi dia bersikeras pertempuran tersebut adalah apa yang membuat tontonan MotoGP menegangkan.

“Ini lap terakhir [pertempuran] yang mungkin hal yang paling baik tentang balap motor dan MotoGP. Dan Anda tahu hal ini terkadang terjadi di balapan. Anda tidak pernah tahu jika Anda akan beruntung atau tak beruntung. Tapi Oke, waktu berikutnya saya akan mencoba untuk mengatasinya dengan cara yang lain.”

Rossi dan Marquez sepakat bahwa “tak akan ada perubahan” dalam hubungan mereka karena insiden di Argentina. Tapi mengapa, Rossi ditanya, apakah itu kasus yang diberikan hubungan dingin antara dia dan banyak para rival sebelumnya, seperti Max Biaggi dan Sete Gibernau?

“Setiap cerita itu sedikit berbeda,” jawab Rossi. “Karena dengan Biaggi tulus kami tidak pernah memiliki hubungan yang hebat, jadi kurang lebih itu tetap sama! Dengan Sete kami adalah teman baik, tapi hubungan kami menjadi jauh lebih sulit setelah Qatar [2004] karena saya pikir dia bermain permainan kotor.”

Mengacu pada persoalan perubahan posisi di grid, Rossi menyalahkan Gibernau sebagai sumber protes, yang akhirnya menyaksikan Max Biaggi juga dihukum.

“Aku harus mulai dari posisi terakhir, aku terjatuh, aku punya masalah dengan jari saya dan saya kehilangan banyak poin. Sehingga saat itu sedikit lebih sulit,” kata Rossi. “Tetapi sekarang dengan Sete kami adalah teman lagi.

“Ketika Anda berlomba bersama pasti sulit untuk mengatakan bahwa Anda adalah teman baik, tetapi Anda dapat memiliki hubungan yang baik. Sekarang, kurang lebih antara semua orang itu adalah seperti ini. Di trek setiap orang mencoba tampil maksial untuk mencoba tiba di depan, tetapi selalu menghormati dan hubungan yang baik di luar trek. Jadi saya pikir kami akan terus seperti ini.”

Race Direction segera menyatakan tidak ada tindakan lebih lanjut yang akan diambil soal insiden di Argentina. Namun lebih banyak berita buruk diikuti untuk Marquez ketika ia retak jari kiri dalam kecelakaan dirt track, membuatnya harus operasi sebelum balapan akhir pekan ini.

Rossi dan Marquez telah membuat duel brilian pada tikungan terakhir di Jerez, Rossi bertarung berebut kemenangan dengan Gibernau pada 2005 dan Marquez dengan Jorge Lorenzo untuk posisi kedua pada tahun 2013.

Jadi Apakah lebih baik untuk menjadi yang pertama atau kedua jika mereka bertarung untuk menang di tikungan pada hari Minggu nanti?

“Di sini di Jerez memiliki banyak tikungan bagus untuk menyalip dan bertarung,” kata Rossi. “Doohan dengan Criville, saya dengan Gibernau, tetapi juga Marc dengan Jorge. Sulit untuk mengatakan yang mana posisi terbaik, pertama atau kedua. Itu tergantung pada banyak hal, juga bagaimana kuat Anda berada di pengereman terakhir. Ini bisa sangat menarik, ya!”

Marquez menambahkan: “jika saya akan tiba di belakang [Rossi, kedua] aku akan beruntung karena saya tahu bahwa akhir pekan ini aku tidak akan 100%. Tapi kita akan lihat. Jika saya memiliki kesempatan untuk tiba di sana, pada putaran terakhir yang Anda tidak pernah tahu. Anda hanya memberikan 100% penampilan Anda dan kemudian kita akan melihat apa yang terjadi.” — [[cn/sdi – Follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

