Alexis Masbou Curhat Soal Kesuksesan di Qatar


alexis masbou podium moto3 qatar 2015

SDI – Pembalap Perancis Alexis Masbou melanjutkan keberhasilan meraih pole pertamanya dalam sesi kualifikasi Moto3 dengan merebut kemenangansensasional pada balapan pembuka musim 2015 yang berlangsung dramatis di sirkuit Losail, akhir pekan lalu.

Pada balapan malam di Qatar itu, Masbou yang membalap untuk Saxoprint RTG Honda, finis terdepan dengan hanya keunggulan tipis 0.027 detik lebih cepat dari Enea Bastianini. Ia pun mengungkapkan kesuksesannya di seri perdan itu kepada situs resmi MotoGP. Berikut petikan wawancaranya…

Di Qatar Anda meraih posisi pole pertama. Seberapa penting pole pertama ini?

“Sangat penting karena itu adalah jenis kinerja yang hilang dari balapan akhir pekan saya tahun lalu. Sebelum awal musim, tim dan saya sendiri berusaha bekerja pada setiap aspek dan dimulai dengan pole ini berarti bahwa pekerjaan kami sudah terbayar. Meskipun kami masih di awal musim dan tahu bahwa itu tidak akan mudah untuk mengulang performa semacam ini pada setiap Grand Prix, itu sangat memuaskan untuk memulai musim seperti ini, dengan pole pertama dalam karir saya.”

Perlombaan itu sendiri sangat ketat, seperti biasa di kelas Moto3. Apakah Anda memiliki rencana balapan atau apakah Anda harus berimprovisasi ketika Anda menemukan diri Anda berada di barisan terdepan?

“Saya punya strategi dan balapan berlangsung kurang lebih seperti yang kuharapkan. Saya ingin tetap dekat dengan posisi pertama selama mungkin dan kemudian menghemat ban untuk akhir perlombaan. Sayangnya, saya kalah bertarung dengan Fabio (Quartararo) dengan hanya 5 atau 6 lap tersisa tapi kami cukup cepat untuk bangkit dan kembali pada posisi 4 atau 5 pembalap yang berada di depan. Selama tiga lap terakhir, taktik saya sama seperti untuk lap terakhir tapi aku akan menyukai berada dalam posisi yang lebih baik di awal lap terakhir. Pada akhirnya aku harus melewati lebih banyak pembalap dari yang kuharapkan. Kami mempunyai kecepatan yang kurang lebih sama seperti Bastianini dan aku tahu aku bisa melewatinya sebelum line.”

Anda mulai musim baru di puncak klasemen, dengan kemenangan kedua setelah kemenangan Anda di Brno tahun lalu. Apa keadaan pikiran Anda menjelang balapan berikutnya?

“Saya sekarang punya dorongan kepercayaan dan saya ingin terus seperti ini. Setelah itu akhir pekan ini baik, Anda selalu ingin terus memenangkan posisi pole, kemenangan dan podium. Kami telah memenangkan lomba pertama, tetapi pekerjaan kami masih jauh dari selesai. Kami baru memulai musim dan saya tidak sabar untuk balapan di Amerika Serikat dan di Argentina, di mana kami akan mencoba sebaik mungkin untuk meningkatkan lebih lanjut.”

Anda bergabung dengan skuad SAXOPRINT RTG untuk 2015. Bagaimana transisi tersebut?

“Ini sudah sangat baik. Kami melakukan beberapa tes selama pra musim untuk membangun tim. Kepala kru saya, Marco Agostini, harus mempelajari Honda dan saya harus mempelajari tim. Kami mencoba menggabungkan kekuatan kami dan kami bekerja sangat baik bersama-sama, meskipun aku bisa membayangkan itu akan lebih baik dengan waktu. Semuanya berjalan dengan baik dan ketika Anda memulai musim seperti ini, itu hanya bisa berjalan dengan baik.”

Tentang Honda 2015, apa perbedaan utama dengan motor tahun lalu?

“Kami menerima mesin cukup dini di pra musim dan itu lebih baik daripada tahun lalu. Kami sedikit kesulitan menggunakannya dengan akselerasi melawan KTM, Honda telah bekerja untuk memperbaiki itu dan motor kami sekarang sangat kuat pada akselerasi. Itu selalu menyenangkan untuk memiliki motor yang kuat. Tidak ada perubahan besar pada chassis tetapi ada perbaikan kecil di sana-sini. Pada akhirnya, saya merasa jauh lebih percaya diri dibandingkan tahun lalu, terutama pada saat memasuki tikungan.”

Anda akan segera menyeberangi Atlantik untuk balapan di Austin dan kemudian di Argentina tujuh hari kemudian. Apa kunci keberhasilan pada dua trek ini?

“Ini adalah dua sirkuit yang juga memiliki trek lurus panjang dan kami mungkin sekali lagi melihat kelompok besar berjuang untuk kemenangan. Mungkin akan lebih mudah untuk membuat gap di Austin karena ada bagian yang panjang berliku-liku. Ini akan sulit untuk meloloskan diri di depan di Argentina dan kami mungkin akan memiliki banyak pembalap di depan, seperti di Qatar. Akan ada banyak yang terlibat pertarungan untuk GP kedua, seperti sangat sering terjadi di Moto3. Saya berpikir bahwa akan ada banyak pembalap bertarung demi kemenangan tahun ini.”

Ini masih sangat dini untuk berbicara tentang target untuk musim ini dan gelar juara dunia tetapi apakah Anda memiliki target spesifik untuk musim ini, hal-hal yang Anda ingin meningkatkan atau hal yang Anda kurangi tahun lalu?

“Seperti yang saya katakan, kami banyak bekerja pada musim dingin ini agar lebih kompetitif selama sesi latihan. Ini akan menjadi penting untuk selalu memiliki waktu lap yang baik dan untuk tetap sedekat mungkin dari dua garis depan agar dalam kelompok terkemuka pada awal setiap perlombaan. Kemudian kami berharap untuk berada di podium sesering mungkin. Kami telah memiliki kemenangan ini dan sekarang kami harus terus di podium jika kami ingin mengumpulkan poin maksimal.” — [[mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

