Dovizioso Girang dengan Petensi Desmocedisi GP15


5664674747373

SEPANG (SDI) – Andrea Dovizioso menjajal Desmosedici GP15 untuk pertama kalinya pada hari pembuka tes MotoGP Sepang 2, Senin (23/2). Pembalap Italia ini merasa senang dengan potensi yang dimiliki motor baru Ducati Team tersebut.

Lebih ramping, mesin lebih kompak dan tetap mempertahankan mesin V4 90 derajat dan sistem katup desmodromic, motor ini sudah banyak direvisi untuk berusaha menyembuhkan masalah lama yakni understeer dan mencoba untuk kembali meraih kemenangan pertama Ducati sejak 2010.

Tanggal debut GP15 itu, hanya lima pekan sebelum balapan pembuka musim 2015, dan hal ini mencerminkan besarnya perubahan yang dilakukan oleh tim Ducati. Namun Dovizioso hanya mampu finis kesepuluh pada hari pembuka tes Sepang 2 dengan terpaut 0.941 detik dari pembalap tercepat.

“Saya sangat bahagia karena kita tetap dalam masalah tentang menikung. Itu adalah poin kunci dalam dua tahun terakhir. Sekarang dengan motor baru ini aku merasa jauh lebih baik.” Ujar Dovizioso disadur dari laman Crash.

“Tes pertama di sini dengan Ducati dua tahun yang lalu saya merasa kesulitan. Hari ini aku merasa motor ini sudah baik! Saya merasa begitu bahagia. Aku melaju di tepi lintasan di tikungan pertama dan kedua dan aku tidak ingin! Aku sangat bahagia memiliki perasaan itu. Itu benar-benar besar.”

“Saya pikir itu adalah poin utama untuk mulai bekerja secara normal. Sudah dari tahun lalu kami meningkatkan banyak kecepatan dan mendekati pembalap yang terbaik, tapi sekarang kami berada dalam situasi normal, dengan dasar yang sangat baik.”

“Kami bisa bekerja pada setup dan baris saya di trek dengan cara normal. Aku bisa bermain dengan motor ini, sehingga saya bisa mencoba untuk mengambil lebih motor, mencoba kurang agresif pada tikungan dan ini adalah 100 persen cara untuk membalap di MotoGP.”

“Hari ini kami tidak begitu cepat karena motor itu benar-benar baru dan sehingga kami tidak melahap begitu banyak lap, dan kemudian hujan turun di sore hari. Tapi ini titik balik kuncinya. Sekarang kami harus bekerja pada set-up karena motor ini sama sekali berbeda dan keseimbangan kami tidak ok, terutama untuk pengereman. Dengan setup yang sempurna GP14 tetapi kami harus mengerti motor ini. Ini adalah hari pertama.”

“Saya berharap dan percaya kami memiliki margin yang besar. Hal ini benar-benar motor baru. Itu tidak cukup mulai dari nol, tetapi sebelum kita hanya bisa mengubah beberapa bagian. Sekarang semuanya ini berbeda.”

Lap terbaik Dovizioso di atas GP15 adalah 2 menit 01.692 detik, sedangkan di atas GP14.3 ia mencatatkan waktu 2 menit 01.355 detik. Mantan pembalap Yamaha dan Honda itu mengatakan, “Hari ini saya mulai pada mesin 14,3 dan saya membuat waktu lap sangat mudah karena saya tahu motor ini sangat bagus. Tapi saya mencetak 2’1.6 detik dengan motor baru dan perasaan tidak begitu baik. Jadi kami harus bekerja dengan GP15 dari sekarang. Kami memiliki hanya satu GP15 setiap saat.”

Sementara rekan setim baru Dovizioso, Andrea Iannone menyelesaikan hari pembuka tes di posisi 15 (+1.728s) setelah menghabiskan seluruh waktunya di atas GP15. “Pada awalnya saya punya masalah dengan GP14.3 jadi saya langsung ke GP15. Perasaan pertama sangat baik karena motor ini memiliki kelincahan yang baik. Ini sangat cepat dalam perubahan arah. Saya sangat senang tentang hal ini.” katanya.

“Bila Anda ingin mengubah arah, seperti di tikungan pertama dan kedua, motor itu dan lebih mudah lebih cepat … Aku tidak punya begitu banyak masalah dengan understeer sebelumnya. Aku tidak pernah mencoba Honda atau Yamaha. Hanya Ducati. Bagi saya Ducati 2014 meningkat banyak dan motor ini meningkatkan lebih banyak kelincahan.”

“Saya sangat senang. Yang pasti kami tidak 100 persen daya saing karena itu masih baru dan saya tidak terlalu mendorong. Saya mencoba untuk memahami motor dan beberapa pengaturan. GP15 adalah evolusi yang bagus, tetapi juga sedikit sebuah revolusi.”

Tes akan berlanjut pada hari Selasa dan Rabu, dengan hari keempat tersedia untuk uji coba ban Michelin. Salah satu tes resmi lebih lanjut, di Qatar, maka akan tersedia sebelum musim baru dimulai di sirkuit Losail yang sama pada tanggal 29 Maret mendatang. [[cn/sdi – Follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

