“Belajarlah dari Kesalahan Anda dan Jangan Ulangi itu Lagi”


7584848

SDI — Pol Espargaro tampil sangat baik pada musim pertamanya di MotoGP 2014 dengan mendapatkan penghargaan Rookie of the Year. Setelah menjalani operasi pada pekan ini, Pembalap Monster Yamaha Tech 3 itu mengungkapkan pendapatnya mengenai perhelatan selama musim ini sebelum ia berkunjung ke Indonesia untuk satu event terakhir di tahun ini bersama Yamaha.

Pada pekan ini, Pol melakukan operasi untuk menyembuhkan cedera pada kaki kirinya, yang terluka dalam kecelakaan di GP Sepang, Malaysia. “Saya mengalami kecelakaan yang benar-benar buruk di Malaysia,” katanya di situs resmi MotoGP.

“Pemulihan ini harus cepat. Saya belum mengobati kaki ini dengan sangat baik dan, saat melakoni balap motorcross di hari lain, saya merasakan sedikit kesakitan. Jadi saya harus melakukan operasi kecil, yang sangat cepat, tapi hari Senin saya akan berjalan dan harus benar-benar sembuh dalam waktu singkat.” Lanjut Pol.

Setelah menyelesaikan balapan final di Valencia, Pol Espargaro telah ambil bagian dalam uji coba di tempat yang sama. Ia akan kembali ke lintasan pada tes berikutnya di Sepang pada awal Februari mendatang.

“Kami akan mengubah distribusi sedikit bobot badan untuk tes itu, tapi kami sebagian besar bakal bekerja pada elektronik. Di Valencia kami mencoba sesuatu dan kinerja motor jauh lebih baik dari segi kontrol traksi dan anti-wheelie. Itu juga jauh lebih reaktif setiap kali saya harus menyentuh throttle. Itu membuat perbedaan besar dan kami telah membuat langkah nyata ke depan, jadi saya senang tentang itu. Sepang lebih berbeda dari sirkuit lain dan kami merasa bahwa trek itu lebih sulit, karena Anda tidak memaksimalkan dengan baik pengereman mesin.” Sahut Pol.

Pol Espargaro mengakui belum bisa tampil bagus di semua kesempatan selama musim 2014, meskipun ia berhasil menempati posisi keenam di Klasemen pembalap dengan mengalahkan rekan setimnya Bradley Smith serta saudara nya Aleix. Dia pun bertekad untuk belajar dari kesalahan pada musim ini.

“Para Rookie tahun ini cenderung sebagian besar membuat kesalahan. Tahun ini merupakan pengalaman dan Anda belajar di setiap sirkuit. Ini sudah menjadi tahun untuk membuat kesalahan – dan saya telah membuat beberapa kesalahan. Aku mengenang kembali dan aku bisa menghitungnya dengan jari-jari tanganku, tetapi Anda belajar dari kesalahan Anda. Sekarang saya hanya perlu untuk memastikan saya tidak melakukan hal itu lagi.” Jelas Pol.

Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis sempat menyebut bahwa pembalap Yamaha Tec 3 itu cukup cepat, tapi terkadang tidak konsisten. Pol Espargaro pun menyadari hal itu dan ia merasa masih banyak kelemahan yang harus diperbaikinya di masa mendatang.

“Ya, akan sulit untuk menjaga kecepatan mereka di depan. Untuk menghabiskan lap dengan mereka tidak sulit, tapi masalah datang ketika ban dan kecepatan Anda mulai menurun. Itu bisa menghambat Anda, namun semua ini datang dengan pengalaman. Pada saat ini, itu adalah titik terlemah saya. Saya harus memperbaikinya tapi, mengetahui bagaimana hal-hal berlalu dalam tes Valencia, itu sudah tampak lebih baik.” Ujar Pol.

“Saya selalu mengatakan bahwa chassis yang saya miliki itu sangat mirip dengan Jorge (Lorenzo) dan Valentino (Rossi), tapi masalahnya lebih terkait pada elektronik. Kami tidak bisa selalu mendapatkan setup yang tepat dan kami belum siap menuju ke balapan. Kemudian lagi, saya pikir meningkatkan itu juga sesuatu yang datang dengan pengalaman dan tahun depan setup dasar kami akan jauh lebih baik.”

Pada musim 2015, segala sesuatu yang diatur harus menjadi lebih kompetitif lagi, karena para pembalap seperti Maverick Vinales dan Jack Miller akan melangkah ke kelas utama. Keduanya akan berusia 20 tahun pada Januari nanti.

“Memang benar bahwa pembalap baru akan berlomba bersama kami dan mereka akan sangat lapar untuk meraih kesuksesan,” kata Espargaro. “Untuk alasan itu akan sangat penting bagi kami agar melakukan apa yang saya pikir kami bisa, di mana kami harus jauh lebih kuat sejak awal. Kami harus sudah tahu arah kami ketika tiba ke setiap sirkuit dan segera memulai hal tersebut. Semoga semua ini seharusnya menjadi sedikit lebih mudah.” — [[mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

