Sibuk Tangani Bakat Muda, Puig Komentari MotoGP 2014


alberto puig - speak about asian talent cup & motogp 2014

SDI – Mantan manajer Dani Pedrosa, Alberto Puig mengungkapkan pandangannya mengenai perhelatan MotoGP musim 2014 yang sudah berlalu meskipun ia tetap sibuk dengan perannya dalam membina talenta muda di ajang Shell Advance Asian Talent Cup tahun ini.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Puig memimpin Dorna Sports ‘MotoGP Academy’ serta banyak menikmati keberhasilan bersama Pedrosa. Setelah kini diambil pada peran penasehat dalam HRC, ia mengarahkan Shell Advance Asia Talent Cup dan berkolaborasi dengan TV Movistar Spanyol.

Berikut petikan wawancara Puig dengan situs resmi MotoGP:

Alberto, bagaimana Anda merenungkan musim perdana Piala Talent Shell Advance Asia? Apakah Anda puas dengan apa yang telah dicapai?

“Seperti dengan semua kejuaraan yang baru, tahun pertama selalu rumit. Kami telah menemukan beberapa pembalap muda yang umumnya sangat berpengalaman, tapi itu wajar untuk mengatakan bahwa Jepang sudah cenderung menjadi salah satu yang selangkah lebih maju ketika musim sudah berkembang. Ini telah menjadi perjalanan yang semua pembalap sudah membuat kemajuan, tentu saja sebagian lebih baik daripada yang lainnya. Pengalaman sudah berharga bagi semua orang, baik untuk pembalap serta bagi tim, dan kami telah menetapkan seri kuat. Ini adalah kompetisi balap jalanan pertama dari sejenisnya di kawasan Asia dan merupakan kemajuan bagi balap motor di Asia. Dan itu selalu tujuannya.”

Tujuan lain adalah untuk menemukan bakat baru yang bisa terus membuat kesan di kancah internasional. Apakah ada kabar baik di bagian depan itu?

“Ada tiga pembalap yaitu Kaito Toba, Ayumu Sasaki dan Yuta Tanggal, yang sudah terbukti bersinar lebih baik dari yang lainnya. Apakah mereka siap untuk Kejuaraan Dunia? Mungkin tidak 100% dulu, tetapi mereka sekarang siap untuk bersaing di kejuaraan lain seperti FIM CEV Repsol atau Red Bull Rookies Cup MotoGP.”

Berbeda dengan bekerja secara langsung bersama Dani Pedrosa, tahun ini Anda sudah mengambil lebih banyak dari peran penasehat dengan HRC. Apa tipe pengalaman itu?

“Pertama, saya akan menunjukkan bahwa saya benar-benar sudah dengan Honda selama bertahun-tahun, sejak tahun 1993. Tahun ini, saya tidak bekerja dengan Dani di Repsol Honda Team, namun Honda bertanya apakah aku akan mampu membantu mereka dalam hal mendukung pembalap muda di Asia Talent Cup. Jadi saya mengawasi evolusi pembalap di sana dan, pada saat yang sama, mengawasi sejumlah tim lain dan pembalap di Kejuaraan Dunia.”

Di Moto3 Anda telah menasihati Efren Vazquez, misalnya, dan dikatakan bahwa ide untuk Jack Miller yang pindah langsung ke MotoGP datang dari Anda …

“Yah, saya tahu Efren sejak zaman Akademi MotoGP dan dia bertanya apakah aku akan mampu untuk membantu dia keluar, itulah apa yang saya lakukan. Terkait dengan Miller … mereka bertanya tentang kemungkinan itu dan saya memberi mereka pemikiran saya. Itu adalah percakapan kami, tapi Honda akhirnya akan mempromosikan siapa pun yang mereka pilih untuk dipromosikan. Secara umum, dan bukan hanya dalam kasus Miller, saya percaya bahwa pembalap berbakat perlu diberikan kesempatan dan mereka itu harus memanfaatkan dari setiap kesempatan yang datang.”

Dan bagaimana perasaan Anda tentang tugas-tugas baru di HRC?

“Sudah sangat menarik. Bagi saya itu seperti menonton proses dari sudut pandang yang berbeda dan itu adalah pengalaman yang sangat brharga. Ini memberi Anda visi yang lebih luas dari segala sesuatunya dan Anda berhubungan dengan orang yang berbeda dalam perusahaan; bukan hanya dari Repsol Honda, karena HRC terdiri dari banyak orang yang berbeda dan tahun ini saya telah mengerjakan sesuatu yang lebih dari pihak Jepang.”

Dalam wawancara Anda dengan Movistar TV tahun ini, kami telah mendengar Anda memuji para pembalap seperti Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi …

“Well, hanya Valentino itu yang sudah sangat mengejutkan saya. Beberapa waktu yang lalu orang-orang bertanya padaku tentang dia dan, dengan segala hormat, saya pikir dia terkesan kesulitan. Dia sekarang sudah finis runner-up di Kejuaraan Dunia. Saya benar-benar salah tentang hal itu dan saya senang bahwa saya salah. Saya pikir itu sangat bagus untuk olahraga ini bahwa Rossi masih pada level tersebut. Apa yang mebuat saya sangat terkesan adalah cara dia kembali melaju cepat dan agresivitas nya. Dia sudah bisa tetap di depan Lorenzo dan Pedrosa dan saya mengakuinya, bagi saya, ini adalah sesuatu yang sama sekali tak terduga.”

Marc Marquez tampaknya sedikit kurang mengejutkan Anda!

“Tak ada banyak untuk dikatakan tentang Marc. Dia adalah pembalap yang meraih gelar juara dunia di musim pertamanya dari kelas utama. Setelah itu, apa yang Anda harapkan? Bahwa ia akan mengalami kemunduran? Itu malah bisa menjadi lebih baik, kecuali sesuatu yang malang terjadi seperti cedera.”

Akhirnya, apa yang Anda lakukan untuk musim 2014 Dani Pedrosa? Dia finis keempat di klasemen, yang secara keseluruhan tidak diharapkan.

“Semua orang akan menarik kesimpulan sendiri dari hal itu. Saya tidak mengikuti secara detil, karena saya dengan hal-hal lain di paddock – dengan HRC dan sebagainya – dan apa yang terjadi di dalam garasi tertentu bukan urusan saya untuk membahasnya. Yang bisa saya lakukan adalah melihat hasil balapan dan melihat di mana dia finis. Tentu saja aku punya pendapat saya tentang masalah ini … tapi itu opini saya.” — [[mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

