Jorge Martinez ‘Aspar’ Dilantik Jadi Legenda FIM


Jorge Martinez 'Aspar' Dilantik Jadi Legenda FIM

JEREZ (SDI) – Mantan pembalap sekaligus pemilik tim Aspar MotoGP, Jorge Martinez adalah nama terbaru yang akan dilantik sebagai Legenda FIM. Pembalap Spanyol itu secara resmi telah diberikan penghargaan tersebut dalam acara FIM Gala 2014, pada Minggu (23/11) malam di Jerez.

Jorge Martinez ‘Aspar’ membalap di Kejuaraan Dunia antara tahun 1982 dan 1997, tetapi keberhasilan yang terbesar datang pada akhir tahun 1980 saat ia membungkus tidak kurang dari empat gelar juara dunia. Ia tiga kali menjadi juara dunia Juara Dunia secara beruntun di kelas 80cc pada tahun 1986-1988, serta mendapatkan gelar ganda pada tahun ketiga ketika ia juga meraih mahkota juara kelas 125cc.

Selama karirnya, Martinez meraih total 37 kemenangan Grand Prix, finis 61 podium, 42 pole position dan 11 fastest lap race. Dia sekarang menjadi pemilik tim yang berbasisi di Valencia, Drive M7 Aspar yang akan menurunkan dua pembalap di kelas utama pada tahun depan dengan juara dunia MotoGP 2006 Nicky Hayden dan pendatang baru dari WSBK, Eugene Laverty.

Setelah acara penobatan jadi Legenda FIM di Jerez, Jorge ‘Aspar’ pun mengungkapkan perasaannya. Berikut petikan wawancaranya seperti dilansir situs resmi MotoGP, Selasa (25/11/2014):

Bagaimana Anda melihat keadaan balap motor Spanyol?

“Menakjubkan. Hal-hal besar itu sudah dicapai. Aku melihat pembalap kami mendominasi di semua kategori di berbagai cabang balap motor, dan saya yakin bahwa tren ini akan terus meningkat karena banyak pembalap yang akan muncul. Hal ini memungkinkan berkat sistem pengembangan yang sangat baik yang saat ini kami miliki di Spanyol. Ada masa depan yang sangat menjanjikan untuk balap di negara kami.”

Apakah Anda bangga dengan keadaan saat ini dari balap motor Spanyol?

“Tentu saja. Saat ini, Spanyol adalah referensi di seluruh dunia dalam semua aspek motorsport. Pertama berkat Dorna, perusahaan yang memegang hak MotoGP. Spanyol adalah negara yang menggelar paling banyak Grand Prix – empat – dan memiliki banyak sirkuit lainnya yang mampu menggelar event tingkat tertinggi. Selain itu, seri CEV akan menjadi Kejuaraan Dunia Junior tahun depan dan telah menjadi batu loncatan tak terbantahkan ke Kejuaraan Dunia. Lalu kami memiliki tim Spanyol, seperti Aspar Team, yang telah membuat perbedaan selama bertahun-tahun. Belum lagi dua musim terakhir, di mana semua gelar juara Grand Prix telah dimenangkan oleh pembalap Spanyol. Saya merasa sangat bangga dan senang dengan apa yang telah kami capai dalam 20 tahun terakhir.”

Apakah Anda merasa bertanggung jawab, dengan cara, untuk keberhasilan balap motor Spanyol?

“Saya anggap itu sangat penting untuk membawa semua pengalaman yang sudah saya peroleh selama bertahun-tahun ke atas meja, untuk membangun masa depan. Saya mencoba untuk sedikit melakukannya ketika saya sebagai pembalap, kemudian saya mendirikan sekolah balap di Valencia dan kemudian menjadi kepala Tim Aspar. Saya selalu berusaha membuat semua pengalaman saya tersedia untuk pembalap dengan siapa saya bekerja, sehingga mereka dapat berkembang dengan cara yang terbaik.”

Apa artinya Jorge Martinez ‘Aspar’ untuk diakui sebagai Legenda FIM?

“Ini terutama berarti bahwa aku masih melakukan hal-hal baik. Saya merasa sangat bangga telah mampu mengabdikan hidup saya untuk balap motor dan telah meninggalkan jejak saya di olahraga ini, pertama dengan empat gelar juara dunia sebagai pembalap dan kemudian dengan empat gelar sebagai manajer tim. Itu merupakan kepuasan besar untuk dijadikan Legenda balap motor oleh FIM. Selain hadiah, gairah untuk terus sukses dan melakukan hal-hal yang benar masih utuh. Selain itu, selalu menimbulkan sukacita untuk melihat usaha Anda diakui.” — [[mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

