Curhat Vale Soal Perfoma Apiknya di Musim 2014


Curhat vale soat Performa Apik di musim 2014

SDI – Juara Dunia sembilan kali Valentino Rossi membuat kemajuan dan tampil kompetitif di MotoGP 2014. Pembalap Movistar Yamaha ini mampu meraih 13 podium, dan termasuk dua kemenangan.

Rossi sukses mengakhiri musim ke-15 nya di kelas utama sebagai runner-up. Pembalap Italia itu juga dipastikan akan membalap di MotoGP setidaknya hingga akhir 2016 setelah ia memperpanjang kontraknya dengan Yamaha selama dua tahun lagi.

Selain total sembilan gelar juara dunia, Vale – sapaan akrab Rossi, kini telah mengoleksi total 196 podium dan 108 kemenangan. The Doctor pun merasa senang dengan performa dan pencapaiannya pada musim 2014 meski usianya sudah tidak muda lagi.

Berikut Curahan Hati (Curhat) Rossi dalam sebuah interview yang dirilis situs resmi MotoGP:

Q: Musim ini telah berakhir. Bisakah Anda mengevaluasi performa Anda?

VR46: “Saya sangat senang tentang performa saya musim ini. Keseimbangan ini sangat positif. Bagi saya ini adalah musim penting untuk memutuskan masa depan saya. Tahun lalu saya tidak sangat bahagia dan aku harus memutuskan apakah akan melanjutkan atau tidak. Target saya adalah bersaing di baris depan, bertarung dengan tiga pembalap dan membidik untuk naik podium setiap balapan. Tahun lalu hal ini tidak selalu memungkinkan. Saya senang bahwa saya bisa mewujudkannya tahun ini. Saya telah membuat beberapa perubahan besar pada awal musim, tapi ini sudah berhasil dan saya senang tentang hal tersebut. Sepanjang musim ini aku selalu kuat dalam perlombaan. Saya punya balapan yang baik dan pertarungan yang bagus.”

Q: Apa pendapat Anda tentang M1 tahun ini? Pada awal kejuaraan Anda mengalami penurunan performa, tapi di paruh kedua musim ini M1 memenangkan balapan, baik oleh Anda dan Jorge (Lorenzo).

VR46: “M1 kami telah meningkat banyak selama musim ini, terutama berkat pekerjaan yang baik yang dilakukan oleh kedua kru Silvano (Galbusera), Ramon (Forcada), dan semua teknisi sudah bekerja sangat baik. Semuanya bersama-sama kami mampu meningkatkan motor untuk membuatnya kompetitif dan menang. Itu mengecewakan kami tidak mampu meningkatkan kinerja sebelumnya pada awal musim karena sebagian besar gap dengan Marc (Marquez) tercipta di awal musim dan kemudian menjadi sulit untuk memulihkannya. Kalau saja kita bisa memulai musim lagi sekarang, segala sesuatunya akan berbeda, tapi tidak apa-apa. Yang terpenting adalah bahwa motor telah banyak meningkat dan bahwa itu sudah kompetitif sekarang.”

Q: Hasilnya sangat fantastis musim ini, sejumlah angka jadi bukti. Sebagai seorang pembalap, tetapi juga sebagai manusia, apa artinya kembali pada level tinggi seperti itu?

VR46: “Ini adalah kepuasan besar baik sebagai pembalap dan seorang pria, karena dalam beberapa tahun terakhir semuanya itu tidak berjalan dengan baik. Dua tahun dengan Ducati itu sudah sangat sulit. Tahun lalu jauh lebih baik tetapi belum cukup bagi saya untuk memberikan sesuatu, jadi saya membuat beberapa pilihan yang sulit. Mereka berani, bahkan berisiko, tapi sekarang itu adalah kepuasan besar untuk berada di sini setelah banyak podium dan beberapa kemenangan. Itu membuat saya merasa lebih termotivasi dan saya sudah sangat bahagia, mengetahui bahwa saya sudah cukup kompetitif untuk memenangkan dua balapan dan telah bertarung demi kemenangan di hampir setiap balapan dengan Lorenzo atau Marquez, yang merupakan target saya.”

Q: Yang merupakan momen paling bahagia sepanjang musim ini?

VR46: “Momen terbaik adalah kemenangan di Misano di depan semua fans saya. Saya berhasil memenangi Grand Prix Italia setelah lima tahun dan itu bagus. Saya suka balapan itu. Saya sangat enjoy dan aku merasa emosi benar-benar bagus. Namun, saya sungguh lebih menikmati kemenangan kedua karena di Misano saya sedikit terlalu bersemangat. Di Phillip Island saya bisa menghargai lebih kemenangan. Aku sangat menikmatinya!”

Q: Kami tahu bahwa Anda telah melakukan persiapan dengan baik secara fisik dan mental setelah mengalami kesulitan selama tiga tahun terakhir. Bagaimana Anda bisa membuat semacam comeback yang kuat?

VR46: “Saya pikir rahasianya adalah untuk memahami bahwa Anda masih ingin menjadi bagian dari permainan. Untuk melakukannya, Anda harus melupakan semua kemenangan yang sudah berhasil Anda dapatkan pada tahun-tahun sebelumnya dan memiliki kerendahan hati yang besar. Anda juga perlu menyadari bahwa, jika Anda ingin melaju cepat, Anda harus bekerja keras. Jika Anda tetap terpaku pada kesuksesan Anda di masa lalu dan berkata “Ok, saya telah memenangkan sembilan gelar juara dunia dan lebih dari 100 balapan”, Anda lebih baik tinggal di rumah. Olahraga ini, rival Anda, ban, motor anda, semuanya berubah, jadi setidaknya Anda harus bekerja lebih untuk menjadi lebih kuat. Jika Anda tidak melakukannya, Anda sudah selesai.”

Q: Pada paruh kedua musim Anda telah mengirim pesan yang jelas kepada rival utama Anda. Bagaimana Anda bisa menaruh lebih banyak tekanan pada mereka dan bagaimana Yamaha dapat membantu Anda untuk mencoba meraih gelar juara dunia kesepuluh?

VR46: “Saya masih yakin tentang hal itu, seperti yang selalu saya katakan. Setelah tahun ini bahkan lebih karena kami berada di depan. Kami sangat mendekati rival kami, tapi itu akan sulit. Lorenzo akan lebih kuat tahun depan dan Marquez meraih gelar juara dunia dengan memenangkan 13 balapan melawan dua kemenangan saya. Ini artinya, ia telah 11 kali menang lebih banyak dari saya. Perbedaannya sangat besar. Untuk mengisi gap ini kita harus bekerja lebih baik bersama tim, dengan Silvano, dan juga bekerja keras dengan Yamaha untuk memberi kita kepercayaan. Saya pikir tahun ini, terutama di awal, Honda jauh lebih kompetitif dibandingkan motor kami dan paruh pertama musim ini terlalu mudah bagi Marc. Jika kami ingin membuat dia kesulitan, kami harus lebih dekat dengannya.” – [[mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

