Jack Miller: MotoGP Seperti “Bercinta” Tanpa Lepas Celana!


64674747437

VALENCIA (SDI) — Perasaan Jack Miller membludak usai menyelesaikan tes di Valencia bersama tim barunya CWM LCR Honda, Rabu (13/11/2014). Selama tiga hari uji coba itu, Pembalap muda Australia ini menikmati sensasi menggeber mesin MotoGP.

Miller direkrut oleh tim CWM LCR Honda untuk musim depan dan akan berduet dengan Cal Crutchlow. Namun beda dengan rekan setimnya tersebut, pembalap 19 tahun ini tidak akan menunggangi motor mesin pabrikan, melainkan mesin kelas Open Honda RC213V-RS.

Pada hari Senin (10/11), Miller pun melakoni debutnya menunggangi mesin MotoGP di hari pertama tes pasca lomba di Valencia. Di hari terakhir uji coba, dia melahap lebih 60 lap untuk finis di posisi 21 dengan waktu terbaiknya 0,2 detik di belakang sesame Rookie Eugene Laverty dan Loriz Baz.

Miller pun menggambarkan sensasi mengendarai motor MotoGP yang dirasakannya seolah seperti “making love (ML)” atau bercinta dengan masih mengenakan celana!

“Aku menyentuh siku saya (di aspal) lebih dari yang pernah saya lakukan dalam hidup saya, melewati tempat-tempat yang tak pernah saya perkirakan,” Ujar Miller, yang telah melompat langsung ke MotoGP setelah finis runner-up di kelas Moto3 musim 2014.

“Melewati turn tiga – saya ingin melihat beberapa foto melewati tikungan itu karena saya menyentuh aspal, kemudian ketika Anda membuka pedal gas untuk melesat ke samping sebelum titik pengereman sebelum tikungan empat. Inilah salah satu pengalaman yang paling menarik lho. Ini seperti bercinta, dengan celana Anda!” lanjutnya di laman Crash.

Selama tes hari ketiga, Miller membalap tanpa bantuan elektronik karena tim LCR berusaha agar ia terbiasa dengan power ekstra motor Honda Open. Dia mengatakan, “Kami mengetes motor di motorhome (karena hujan pada Selasa)! Tapi hari ini benar-benar baik, itu produktif, dan kami meningkat lebih banyak. Setiap saat kami menjadi lebih nyaman dengan motor dan mulai menggunakan ban belakang untuk berbelok, yang menjadi lebih menyenangkan bagi saya sebagai pembalap. Ini adalah perasaan yang luar biasa ketika Anda muncul melewati tikungan 13 dengan menghentikan handlebars. Saya sungguh menikmatinya. Ini mimpi.”

“Sungguh aku tidak begitu jauh. Saya tampil lebih baik dari yang saya harapkan jadi ini adalah bonus. Kami belum menyentuh kontrol traksi karena saya mengalami jump pada motor maupun kontrol wheelie. Saya meminta Honda untuk menempatkan kontrol wheelie tapi mereka mengatakan, ‘Tidak, Anda harus menjaga seorang anak untuk belajar. Anda punya perjalanan panjang untuk pergi sebelum Anda memperoleh salah satu bantuan.”

“Kami belajar dan muncul kuat. Hanya bekerja di trek bagaimana agar motor bisa melewati tikungan dengan pusat gravitasi rendah untuk menghentikan terlalu banyak terjadinya Wheelie, bahkan dengan power kami tiba di sana. Kami cukup drop pada power – Marc melakukan sesuatu seperti 330kph melalui perangkap kecepatan dan saya yakin saya tak akan melaju ke batas 310kph.”

Miller tak memungkiri bahwa ia kesulitan beradaptasi dengan ban depan hard Bridgestone. “Saya kesulitan (dengan itu) pada hari Senin dan bisa jauh lebih baik pada hari ini dengan opsi hard, itu memungkinkan saya untuk berkendara tanpa masalah. Kami benar-benar harus mengetahui batas-batas motor.” katanya.

“Saya terjebak di belakang Marc (Marquez) untuk dua tikungan pada hari ini. Untuk melihat cara dia menikung itu memberi Anda gambaran kasar tentang apa ban ini dapat bertahan.”

“Kami tahu apa yang harus kita lakukan. Kami 0.3 detik di belakang Laverty dan Baz yang berasal dari Superbike. Mereka sudah mengendarai motor 160 kilo sepanjang tahun. Kami tidak terlalu jauh dari orang-orang yang pada motor ini. Ada senyum lebar di wajah kami saat ini. kami belum melemparkan motor di lintasan.”

Sebagai pembalap HRC, Miller sekarang harus bisa mengembangkan motor lebih lanjut dan beradaptasi pada elektronik di tes berikutnya di Sepang, Malaysia, Februari mendatang. Ia mengatakan, “Kami mendapatkan ke titik di mana kami harus mulai menggunakan itu tapi kami belajar selangkah demi selangkah. Kami punya waktu tes panjang dan saya sangat beruntung bahwa Honda tidak menempatkan tekanan pada kami.”

“Mereka benar-benar ingin kami untuk belajar sehingga terima kasih besar kepada mereka untuk kesempatan besar yang sudah mereka berikan pada saya tahun ini. Saya akan berusaha berlatih keras sebelum Sepang dan mencoba untuk masuk sebaik kondisi sebaik mungkin.” Tuntas Miller, yang juga menegaskan bahwa ia akan menjalani operasi untuk menghapus sekrup dari bahunya selama jeda musim dingin. – [[cn/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

