Terhambat Angin, Pedrosa Senang Start Ketiga di Valencia


4543353535

VALENCIA (SDI) – Pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa akan start dari posisi ketiga pada balapan terakhir MotoGP 2014 di Valencia, dengan rekan setimnya Marc Marquez di tempat kelima setelah sempat terjatuh di babak kualifikasi di sirkuit Ricardo Tormo, Sabtu (8/11).

Kondisi angin beragam yang melanda trek Valencia membuat Pedrosa dan Marquez sulit menemukan setup optimal. Marquez mengalami kecelakaan kecil di FP3 meski tercepat dalam setiap sesi sejauh akhir pekan ini dan kedua pembalap Spanyol itu berada di posisi utama untuk kualifikasi setelah finis 1-2 di sesi terakhir FP4.

Hembusan angin kencang menciptakan kondisi rumit di babak kualifikasi. Pedrosa membuat kesalahan kecil saat pertama ia menjajal trek sebelum kemudian ia mampu meningkatkan dan mencatatkan lap time 1’30.999 detik pada lap 9 dari 9 lap yang dilahapnya untuk mengamankan posisi ketiga, hanya kalah cepat 0.156 detik dari peraih pole.

“Itu adalah kualifikasi yang sulit karena ada lebih banyak angin dibandingkan di sesi pagi. Itu menyulitkan untuk memperkirakan kapan masuk ke tikungan dan harus mengerem. Sebagaimana hasilnya, saya membuat beberapa kesalahan dan tidak bisa menetapkan lap yang baik di awal.” Ujar Pedrosa.

“Kemudian, ketika saya melewati tikungan dengan garis yang lebih baik, ban itu sudah aus. Pada akhirnya saya bisa meningkatkan dua persepuluh detik untuk mendapatkan barisan depan, jadi besok kami harus memanfaatkan posisi itu dan melakoni balapan yang baik.” Lanjutnya.

7887898695695

Sementara Marquez terjatuh di turn 4 semenit jelang sesi Q2 akan usai setelah kehilangan kendali bagian depan motornya. Ia pun kehilangan start dari baris depan di GP terakhir 2014 dan harus puas di posisi kelima setelah mencatatkan waktu terbaiknya 1’31.144 detik.

“Di satu sisi saya senang, karena kami memiliki kecepatan dan setup yang bagus untuk balapan, tapi di sisi lain saya sedikit kesal bahwa saya membuat kesalahan di babak kualifikasi. Saya minta maaf kepada tim, karena kami bisa berjuang untuk posisi terdepan.” Kata Marquez.

“Saya melakukan satu kesalahan pada percobaan pertama dan satu lagi di percobaan kedua, menyebabkan saya mengalami kecelakaan. Anda belajar dari hal-hal ini dan saya akan ingin menikmati balapan besok, karena kami siap untuk pertarungan demi meraih kemenangan.” Tuntasnya. [[hrc/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

