Raih Pole Ke-50 di Kelas Utama, Rossi: “Itu Kejutan Luar Biasa”


4788997564767

VALENCIA (SDI) – Valentino Rossi sudah memenangkan tiga balapan sejak kembali ke Yamaha. Namun juara dunia sembilan kali ini butuh waktu hingga seri terakhir musim 2014 untuk meraih pole position pertamanya di kelas MotoGP sejak GP Le Mans 2010.

Hasil mengesankan ini datang secara tak terduga, karena Rossi kesulitan selama sesi latihan bebas di sirkuit Ricardo Tormo sebelum kemudian dia mampu tampil apik pada babak kualifikasi kedua, yang digelar Sabtu (8/11/2014) malam WIB.

Rossi sesaat berada di posisi teratas di menit-menit akhir, sebelum Andrea Iannone merebut posisi puncak. Namun Pembalap Movistar Yamaha itu kemudian berhasil menyambar pole position pada lap terakhir setelah mencatatkan waktu 1’30.843 detik, lebih cepat 0.132 detik dari rekan senegaranya itu.

Pole ini menandai hanya ketiga kalinya tahun ini bahwa Rossi akan start dari barisan depan grid. Selepas sesi Q2, The Doctor mengatakan “Ini adalah kejutan besar. Saya merasa baik di kualifikasi, kami meningkatkan psetup motor dan dengan ban pertama itu tak begitu buruk.”

“Kami melakukan sedikit modifikasi untuk ban kedua dan saya mencoba untuk banyak menekan. Dengan ban kedua saya merasa banyak grip dan sangat percaya diri, tapi sayangnya saya membuat kesalahan di Turn 2, jadi aku melambat sebelum melakukan lap terakhir saya.”

Dengan memperlambat Rossi merasa dirinya memperoleh dua cara: Dia mampu mempertahankan ban belakang nya untuk lap terakhir dan juga mampu mengikuti rekan setimnya Lorenzo. Ia menjelaskan, “Itu prosedur yang baik bagi ban belakang, untuk melambat setelah satu lap dan kemudian restart. Saya merasa grip bagus dan itu membantu saya terhindar dari banyak roda berputar dalam akselerasi, yang membuat kami sudah kesulitan. Saya juga beruntung karena Jorge melewati saya dan satu detik di depan saya, jadi itu juga sangat membantu sedikit untuk berada di depan nya.”

Dikabarkan bahwa Lorenzo merasa terganggu karena Rossi telah menundanya untuk pole position, Rossi menjawab: “Sejujurnya saya hanya beruntung berada di tempat yang tepat dan saya senang jika ia sedikit gugup untuk hal ini! Ini terjadi, dan itu terjadi minimal 100 kali bagi saya. Ini membantu, terutama dengan hanya 15 menit di babak kualifikasi, itu sangat strategis. Tapi saya pikir Jorge dalam performa bagus dan memiliki kecepatan sedikit lebih baik dari saya besok, jadi untuk bertarung dengan dia, saya perlu melakukan langkah lain.”

Pada balapan nanti, Rossi akan bertarung dengan Lorenzo bukan hanya sekedar memenangkan lomba tapi untuk mempertahankan keunggulan 12 poin atas pembalap Spanyol itu demi meraih title runner up musim 2014. Keduanya sama-sama telah memenangkan dua balapan sejauh musim ini.

“Pole posisi penting untuk memulai balapan namun akan sulit karena kami harus bekerja untuk mencoba membuat langkah lain untuk kecepatan,” Ujar Rossi. “Banyak pembalap yang sangat dekat dan untuk alasan ini, penting untuk start di depan, tapi pada saat yang sama setelah beberapa lap kami kehilangan kinerja, jadi kami perlu memperbaiki keseimbangan demi menjaga ritme yang baik.”

4564646456ui

Rossi akan bergabung di barisan depan dengan Andrea Iannone, dan Dani Pedrosa. Sementara Lorenzo akan start dari posisi keempat, di depan kampiun musim 2014 Marc Marquez yang sempat terjatuh di babak kualifikasi.

Rossi, yang telah memenangi rekor 82 balapan kelas premier, kini sudah mengemas 50 pole position di level teratas. “Ini merupakan prestasi besar karena sudah empat setengah tahun. Biasanya dalam karir saya, saya lebih suka balapan. Saya sudah memenangkan lebih banyak balapan dibandingkan pole posisi, tapi itu bagus karena Valencia biasanya sangat sulit bagi saya.” Sahut peraih tujuh kali gelar juara dunia MotoGP ini. [[cn/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

