Gagal Raih Pole Terakhir 2014, Marquez Siap Duel Demi Kemenangan


536363653626

VALENCIA (SDI) – Marc Marquez gagal mengamankan pole position terakhir musim 2014 setelah terjatuh di sesi kualifikasi GP Valencia. Meski demikian, juara dunia MotoGP tahun ini tersebut mengaku siap bertarung dengan para rivalnya demi kemenangan pada balapan final di sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (9/11).

Setelah memuncaki dua latihan hari pertama, Marquez kembali menjadi yang tercepat di dua latihan terakhir meskipun sempat mengalami kecelakaan kecil di FP3. Namun harapan pembalap Spanyol itu untuk mendapat pole di kualifikasi sirna akibat kesalahan yang dibuatnya.

Di kualifikasi yang digelar Sabtu (8/11) malam WIB, Marquez terjatuh di Turn 4. Ia pun harus puas mendapatkan posisi start kelima setelah mencetak lap time 1’31.144 detik, tertinggal 0.301 detik dari peraih pole Valentino Rossi.

“Hari ini saya minta maaf untuk tim karena saya melakukan dua kesalahan, yang persis sama di tikungan 4 dan 5.” Ujar Marquez tentang kecelakaan di sesi kualifikasi itu, seperti diwartakan di situs resmi MotoGP.

“Saya tidak mendorong terlalu banyak atau mencoba untuk melaju lebih cepat, saya hanya membuat kesalahan mengerem. Sangat penting untuk mengetahui untuk besok. Kami memiliki kecepatan balapan yang baik dan kami siap bertarung demi kemenangan.” Lanjutnya.

Sementara antara FP4 dan Q2 kondisi angin di Valencia meningkat secara signifikan, para pembalap merasa kesulitan melewati tikungan 1 karena hembusan angin sangat kencang hingga membuat mereka melebar.

4543353535

Rekan setim Marquez, Dani Pedrosa mendorong sejak lap pertamanya dan akhirnya ia mengamankan posisi ketiga setelah mencatatkan waktu 1’30.999 detik, lebih lambat 0.156 detik dari peraih pole. Meskipun terkunci di posisi keempat di klasemen, ia tetap antusias untuk mengakhiri musim dengan berburu kemenangan pada balapan final.

“Itu sulit karena angin sangat kencang. Ketika saya pertama kali pergi ke trek aku bisa merasakannya langsung, saya terus memacu motor melebar di Turn 1. Pada ban kedua, saya terus membuat kesalahan yang sama kemudian pada akhirnya aku berkata ‘OK, kita mendorong lebih keras’. Lalu aku melakukan tiga lap. Aku tahu aku bisa melakukannya lebih baik dan meskipun ban sedikit sudah digunakan.” Ujar Pedrosa.

“Kami melahap banyak lap dalam latihan dan Anda benar-benar perlu khawatir tentang ban di sini. Ada banyak tikungan ke kiri dengan spin di sini. Ini akan menjadi sebuah tantangan tapi itulah apa rasanya bagi semua pembalap. Kami akan mengambil barisan depan kami dan memanfaatkan keuntungan itu untuk mendorong sejak awal,” tuntasnya. [[mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

