De Puniet Bahagia Akan Wildcard Bareng Suzuki di Valencia


563653634331

SDI – Randy De Puniet akan melakoni balapan MotoGP Valencia akhir pekan ini dengan status Wildcard bersama tim Pabrikan Suzuki. Pembalap Perancis itu pun mengaku senang bisa mendapatkan kesempatan tersebut sebelum dia bersaing di ajang WSBK pada tahun 2015.

Suzuki akan kembali ke MotoGP pada musim depan dengan dua pembalap Spanyol yakni Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. De Puniet punya andil besar bagi pabrikan Jepang itu karena ia bekerja keras selama dua tahun terakhir untuk mengembangkan mesin prototipe GSX-RR.

Tahun lalu De Puniet menggabungkan peran test rider Suzuki dengan balapan di MotoGP untuk tim Power Electronics Aspar, tapi tahun ini ia sudah difokuskan hanya pada peran pengembangan saja meskipun ia ingin kembali ke kompetisi terakbar tersebut.

Pada tahun 2015 De Puniet akan terus mengetes prototipe Suzuki MotoGP dan juga akan membalap bersama tim Crescent Suzuki di ajang WSBK. Ia berharap bisa menikmati balapan di Valencia kendatipun hanya berstatus wildcard.

“Saya sudah siap untuk itu, karena aku rindu balapan. Saya gembira tentang ide ini, tertarik untuk melakoninya, tapi kami tidak menetapkan target hasil apapun. Aku tahu itu sulit untuk mengambil langkah di akhir musim. Saya tidak berada di bawah tekanan. Apa pun yang terjadi, itu tidak akan mengubah masa depan saya. Bagi saya lomba ini adalah hadiah.” Ujar De Puniet dilansir situs resmi MotoGP.

Setelah secara rutin membalap di Valencia bertahun-tahun di ajang Grand Prix, De Puniet tahu trek itu dengan baik dan ia memenangi lomba dari pole posisi di sana di kelas 250cc pada tahun 2003. Ketika ditanya apakah Sirkuit Valencia akan menjadi trek yang baik baginya dan bagi GSX-RR? De Puniet menjawab:

“Saya suka sirkuit ini, itu merupakan trek yang sangat teknis, tidak sangat besar. Saya biasanya menyukai sirkuit cepat, tapi saya merasa cukup nyaman di sana. Ini juga telah muncul kembali, sehingga dalam kondisi yang lebih baik dari sebelumnya. Kami tidak tahu apakah itu akan menjadi lintasan yang bagus bagi Suzuki, tapi dalam hal apapun itu adalah sirkuit yang saya suka dan itu positif.”

Mengenai dua peran sebagi pembalap Superbike dan tes rider Suzuki MotoGP pada tahun 2015, yang akan fokus untuk mempersiapkan motor dengan penggunaan ban Michelin untuk balapan tahun 2016, De Puniet menjelaskan, “Peran saya tahun ini penting karena saya mengembangkan motor sejak awal dari nol. Tahun depan akan berbeda, karena motor akan dikembangkan oleh pembalap di Grand Prix. Saya akan memberikan feedback saya pada ban. Ini akan menjadi peran yang berbeda tetapi pekerjaan akan menarik dan lebih banyak waktu yang saya habiskan di motor, semakin bagus.”

“Tentu saja, semua orang bermimpi mengendarai motor MotoGP. Bagi saya itu sempurna karena aku akan menjaga link dengan MotoGP dan Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan. Saya akan berusia 34 tahun, saya tidak tua dan jika suatu hari ada kesempatan untuk kembali, maka mengapa tidak? Jika saya menang atau aku unggul di Superbikes aku akan tinggal di sana, tapi untuk saat ini saya mengambil satu hal sekaligus.”

Selain itu, De Puniet juga memberikan pendapatnya pada pilihan Suzuki untuk merekrut mantan rekan setimnya Aleix Espargaro dan rookie terbaik di Moto2 saat ini Maverick Viñales untuk menjadi ujung tombak proyek baru Suzuki di MotoGP.

“Perasaan saya adalah bahwa saya ingin menjadi bagian dari tim,” sahut De Puniet. “Mereka ingin fokus pada pembalap muda dari Moto2 dan, mengingat penampilan dia musim ini, saya pikir itu pilihan yang tepat dengan Viñales. Performa Aleix juga sudah meledak tahun ini. Tahun lalu ia memiliki musim yang hebat di CRT. Dia seorang pembalap yang sedang berkembang.”

“Jika mereka telah menyewa orang lain, atau seseorang tidak sebaik saya atau jika itu bukan pilihan yang logis, saya sudah kecewa. Tapi aku tidak pernah menjanjikan apapun. Mereka berpikir bahwa tim ini akan menjadi yang terbaik pada tahun 2015-2016 dan saya menghormati pilihan mereka.”

“Apa yang saya inginkan adalah untuk membuat lebih jelas bahwa di antara kami, semuanya selalu lurus ke depan. Aku masih bagian dari keluarga Suzuki dan kami tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Saya berharap bahwa semua pekerjaan yang telah saya lakukan selama dua tahun akan melayani mereka dengan baik untuk tahun depan dan tahun-tahun mendatang.” Tuntas De Puniet. [[mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

