De Puniet Desak Suzuki Menurunkan Tim Satelit di MotoGP


45453536

SDI – Randy de Puniet mengatakan Suzuki harus mempertimbangkan memasok tim satelit MotoGP dalam waktu dekat agar memberikan kesempatan terbaik untuk bersaing dengan para rival seperti Honda, Yamaha dan Ducati.

Suzuki akan kembali ke ajang balap motor bergengsi kelas premier pada tahun 2015 setelah pabrikan pertama masuk MotoGP sejak 2011. Mereka bakal diperkuat oleh dua pembalap Spanyol yakni Aleix Espargaro dan Maverick Vinales untuk bersaing musim depan.

Suzuki hanya memiliki rencana untuk bertahan dengan tim pabrikan, tetapi de Puniet, yang mengembangkan mesin GSX-RR, mengatakan tim pabrikan justru harus mempertimbangkan mengadopsi tim satelit untuk membantu pegembangan, dan menghindari kesalahan dari upaya sebelumnya.

“Yang pasti mereka tidak punya banyak pembalap di sana seperti Honda tapi selalu ada cukup banyak orang di motor itu untuk melakukan pengembangan,” kata De Puniet seperti dikutip Crash, Minggu (2/11/2014).

“Saya pikir mereka harus menempatkan dua motor satelit di tim yang berbeda untuk mencoba mendapatkan data sebanyak mungkin karena itu pengembangan di mana perbaikan akan datang. Saya benar-benar tidak berpikir bahwa hanya memiliki dua pembalap akan menjadi cukup, mereka membutuhkan tim satelit tapi itu karena masalah keuangan.”

“Motor satelit ini yang memberikan Honda, Yamaha dan Ducati keuntungan. Jika Suzuki tidak berhati-hati itu akan bernasib seperti Kawasaki ketika hanya ada satu motor di sana dan Anda tidak bisa mendapatkan motor dikembangkan seperti itu. ”

Berkaca pada keputusan Suzuki untuk merekrut Espargaro dan Vinales bukan dirinya, De Puniet – yang akan membalap di World Superbikes pada tahun 2015 dengan Suzuki – mengakui bahwa ia kecewa tidak dilirik Suzuki, dan ia memahami proses pengambilan keputusan dan menunjukkan bahwa itu adalah waktu yang tepat untuk perubahan karirnya.

“Banyak orang mengatakan kepada saya bahwa Anda harus kecewa dan jelas saya tapi mereka tidak membuat komitmen apapun sebelum tahun ini dan telah memutuskan untuk merekrut pembalap Moto2 muda dan Aleix yang telah menunjukkan kecepatan dan itu harus mengatakan bahwa mereka berdua melakukan pekerjaan yang bagus tahun ini.” Ujar De Puniet.

“Jika mereka telah menempatkan pembalap lebih lambat dari saya atau bahkan yang kecepatannya sama itu akan menjadi lebih sulit untuk mengelola setelah menghabiskan 2 tahun bekerja demi Suzuki tetapi ketika Anda punya pembalap seperti itu pengambilalihan Anda dapat memahami keputusan tersebut. Mereka tidak melakukan sesuatu yang mereka tidak setuju atau apa pun yang tidak masuk akal sehingga untuk alasan itu saya senang untuk terus bekerja bersama Suzuki di tim Superbike mereka dan juga beberapa uji coba motor MotoGP.”

“Pada akhirnya mereka tidak pernah berbohong kepada saya, mereka selalu terbuka dengan saya dan saya tidak bisa benar-benar mengeluh karena keputusan adalah milik mereka. Mereka mengatakan kepada saya bahwa saya tidak akan menjadi bagian dari skuad MotoGP tahun sebelumnya baik dari pengumuman dan itu berarti aku juga punya waktu untuk berpikir apa yang ingin aku lakukan. Tapi sisi positifnya mereka mengatakan mereka senang dengan apa yang saya lakukan dan ingin mempertahankan saya dan kami datang dengan rencana ini.”

“Jujur saya lebih suka memiliki kesempatan bertarung demi podium tahun depan daripada berkeliaran di 10 atau 12 di MotoGP. Saya tahun depan sudah berusia 34 tahun dan saya pikir itu adalah waktu yang baik untuk pindah.” Tuntas De Puniet. [[cn/sdi — follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

