Rossi Bicara Soal Debut GP, Sepang, Ular dan Mamola


34243243242252525

SDI – Valentino Rossi melakoni debut grand prix di Malaysia pada balapan 125cc tahun 1996 di Shah Alam. Pembalap Movistar Yamaha itu pun mengungkapkan kenangan nya saat balapan pertama kalinya.

“Itu merupakan debut saya di kejuaraan dunia tahun ‘96. Itu adalah trek yang bagus terlepas dari ular di area run-off! “Kata Rossi. “Itu sangat bagus. Saya sangat menyukainya. Saya finis di urutan keenam dalam balapan pertama saya, yang luar biasa. Saya memetik kemenangan pada balapan ’97. Itu trek yang baik tapi saya lebih suka Sepang.”

Sepang menjadi tuan rumah MotoGP Malaysia pertama pada tahun 1999 dan sebagai tempat utama uji coba pra-musim. Rossi pun mengaku selalu sangat menikmati balapan di sirkuit tersebut dibandingkan dengan yang lain.

“Saya sangat menyukai Sepang. Ini adalah salah satu trek favorit saya,” kata peraih tujuh kali gelar juara MotoGP ini. “Masalah yang lebih besar adalah suhu karena itu akan menjadi sangat, sangat panas selama akhir pekan dan saya pikir itu merupakan balapan paling sulit bagi seorang pembalap. Karena secara fisik Anda berada di batas dan Anda harus fit untuk menjaga kekuatan dan konsentrasi.”

“Layout trek ini sangat bagus. Saya balapan di sini dari tahun pertama pada tahun ’99 dan pastinya itu adalah trek di mana saya mengendarai motor lebih enjoy (dari yang lain), karena semua tes musim dingin dari tahun 2000. Jadi saya sudah banyak mengitari sirkuit ini, tapi emosi ini selalu besar karena itu merupakan trek teknis, cepat dan luas dan cocok untuk power MotoGP.” Beber Rossi.

Rossi menghadapi MotoGP Malaysia akhir pekan ini setelah meraih kemenangan keduanya musim ini di Phillip Island di Australia. Itu juga kemenangan balapan keempat bagi Yamaha secara beruntun, sebuah comeback luar biasa mengingat Honda memenangkan 12 balapan awal tahun ini.

“Bagi saya itu adalah musim yang bagus dari awal, karena saya melakoni balapan yang baik juga di paruh pertama. Namun Yamaha sudah memenangkan empat balapan terakhir, dua untuk saya dan dua untuk Jorge – juga (karena) kesalahan Marc (Marquez) – tapi sepertinya kami lebih dekat dengan Honda sehingga memungkinkan untuk bertarung lebih keras.” Ucap Rossi.

“Kami sangat senang secara pribadi. Sebuah kemenangan kedua sangat penting dan terutama untuk mencoba meraih posisi kedua di klasemen. Ini akan menjadi pertarungan yang keras dengan Dani dan terutama Jorge.” Tambahnya.

Satu pembalap terkenal yang finis kedua di kejuaraan adalah legenda 500cc Randy Mamola, yang meraih empat kali gelar runner-up antara tahun 1980 dan 1987. Mamola bercanda kepada media Spanyol bahwa dia senang mendengar Rossi, Lorenzo dan Pedrosa berbicara sangat penting tentang finis kedua di akhir musim.

“Saya berpikir bahwa Mamola sedikit mirip dengan Dani, banyak kemenangan di MotoGP – saya pikir Dani telah membuat kemenangan yang paling banyak tanpa memenangkan gelar juara dan yang kedua adalah Mamola,” sahut Rossi.

“Saya tidak ingat betul Mamola (balapan) karena itu waktu yang lama, tapi ia juga memiliki potensi untuk memenangkan kejuaraan. Dia memenangkan banyak balapan tapi pada akhirnya selalu finis kedua. Itu sulit. Saya piker sedikit frustrasi.”

“Tapi dalam kasus kami tahun ini situasinya sedikit berbeda karena kami memenangkan beberapa kejuaraan di masa lalu dan terutama itu adalah tantangan yang sangat pribadi – berusaha untuk tiba di depan untuk Jorge khususnya dan juga untuk dia, karena kami adalah rekan setim.”

“Tahun ini kecepatan kami sangat dekat. Jadi kami sangat dekat pada poin, sangat dekat dalam jumlah kemenangan dan jumlah podium (tahun ini). Jadi akan sangat penting dan itu adalah motivasi untuk tetap berkonsentrasi dan mencoba tampil maksimal.” Tuntas The Doctor.

Dengan dua seri tersisa, kini Rossi masih berada di peringkat kedua di klasemen dengan unggul delapan poin dari posisi ketiga Lorenzo dan 25 poin di depan Pedrosa di urutan keempat. [[cn/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

