Crutchlow Akui Kecewa Berat Kehilangan Podium di Lap Akhir


86876785

PHILLIP ISLAND (SDI) – Pembalap Ducati Team Cal Crutchlow terjatuh dari posisi kedua pada lap terakhir balapan MotoGP Australia di sirkuit Phillip Island, Minggu (19/10). Setelah itu dia bersikeras mengatakan bahwa tidak ada yang bisa dilakukan dirinya untuk menghindari kecelakaan tersebut.

Menggunakan ban depan soft asimetris – bukan ekstra soft -, Crutchlow mengalami kecelakaan dalam kondisi cepat dingin yang melihat penurunan suhu udara sembilan derajat selama perlombaan.

Crutchlow merasa bahwa meskipun dia melaju sampai akhir hasilnya akan tetap sama, karena kompon karet keras asimetris semakin menipis. Pol Espargaro juga mengalami kecelakaan yang nyaris serupa beberapa lap sebelumnya.

“Saya harus terus mendorong dan aku merasa baik-baik saja, aku tidak melakukan hal berbeda, tapi aku harus terus mendorong karena jika aku tidak aku akan terjatuh pula,” kata Crutchlow. “lap sebelum Pol Espargaro terjatuh, hampir semua pembalap itu menggunakan ban ’35’ [asimetris] semuanya terjatuh.”

“Saya benar-benar terpukul karena kami menunjukkan bahwa kami membalap dengan sangat baik dan bahwa tim Ducati bekerja sangat baik, tetapi Anda harus melakukannya untuk finis. Aku membuat kesalahan dan tidak menyelesaikan lomba, seolah-sederhana seperti itu, tapi saya tidak percaya bahwa itu adalah kesalahan saya.” Imbuh Crutchlow di laman Crash.

Setelah meraih podium pertama bersama Ducati di GP Aragon, ini adalah akhir pekan terkuat Crutchlow musim ini dengan start di barisan depan dan kecepatan yang mengesankan sepanjang akhir pekan ini pada motor orisinil GP14.

crutchlow crash at phillip island on last lap

Ketika ditanya bagaimana rasanya telah terjatuh, pikiran pertama Crutchlow adalah kerja keras timnya yang sudah membuat dia bisa kembali melaju cepat dalam beberapa pekan terakhir.

“Saya benar-benar kecewa untuk Ducati dan tim saya karena kami bekerja keras sepanjang akhir pekan dan saya membalap bagus sepanjang perlombaan. Itu adalah balapan yang sangat mudah bagi saya, saya hanya melihat pitboard saya dan memastikan untuk menyelesaikan lomba, namun kami memiliki beberapa masalah dengan ban depan selama akhir pekan. Aku melihat Marc kecelakaan, aku melihat Pol terjatuh dan kemudian aku terjatuh.” Beber Crutchlow.

“Kami semua menggunakan ban depan hard [asimetris] dan kami telah melihat banyak beberapa pembalap sudah crash akhir pekan ini. Suhu turun sembilan derajat selama perlombaan dan saya gagal finis. Saya kecewa kecelakan di lap terakhir, sepertinya aku membuat kesalahan konyol tapi aku harus terus mendorong karena saya tidak memiliki ban depan dalam kondisi panas dan jika saya tidak mendorong saya akan terjatuh pula.” Tambahnya.

Selama perlombaan di Phillip Island ini, Crutchlow tampil sangat baik meski terlibat insiden di tikungan pertama dengan Andrea Iannone sebelum dia kemudian berjuang lagi untuk memperbaiki posisinya. Dia mengatakan, “Kami bekerja dengan baik sepanjang akhir pekan dan aku membalap baik saat balapan. Crazy Joe [Iannone] menabrak saya di tikungan pertama dan hampir membuatnya hancur, kemudian dia menabrak Pedrosa dan hampir patah kaki juga, jadi aku marah kehilangan tujuh posisi di lap pertama.”

“Saya berhasil melewati pembalap lain dan berhasil menyusul ke posisi empat dan saya senang dengan kecepatan saya dan senang bisa menjauh dari kelompok di belakang. Saya terus membalap untuk memangkas gap di depan dan saya yakin jika saya memiliki lebih lap pertama itu aku bisa melaju dengan Valentino dan Lorenzo.” Lanjut Crutchlow.

Sementara itu keputusan untuk menjalankan ban asimetris dalam perlombaan meninggalkan Crutchlow rentan terhadap kehilangan suhu dalam kondisi dingin dengan menjalankan ban ekstra soft, seperti yang digunakan oleh Jorge Lorenzo, membuatnya merasa bahwa ia tidak akan mampu untuk mempertahankan kinerha ban sepanjang perlombaan.

“Saya sangat senang dengan kecepatan saya dan saya benar-benar yakin bahwa salah satu pembalap di depan saya akan kembali ke saya karena saya pikir bahwa mereka akan memiliki masalah ban depan dengan ban 31 [ekstra soft], ini adalah alasan bahwa saya tidak menggunakan ban 31 dalam perlombaan.” Ujar Crutchlow.

“Pada percobaan 17 lap yang saya lakukan dengan ban itu, saya menghancurkan ban, sama seperti Lorenzo dan Valentino, dan hari ini Lorenzo merosot ke belakang seperti batu karena hal ini. Itulah mengapa saya memilih 35 [asimetris], itu hanya untuk menyelesaikan lomba.”

“Saya benar-benar tidak tahu apa yang terjadi padaku, pada satu titik saya pikir bahwa seseorang telah meledakkan sebuah bom dan motorku tertiup angin tetapi Anda dapat melihat berapa banyak pembalap crash selama akhir pekan ini pada titik yang sama.” Sahut Crutchlow, yang musim depan akan pindah ke LCR Honda. [[c/sdi – follow @sneijdera21]

Tinggalkan Balasan

