Ini Curhat Marquez Usai Jadi Juara Dunia MotoGP 2014


88686856422d

SDI – Marc Marquez sukses menjadi Juara Dunia MotoGP 2014 di sirkuit Motegi akhir pekan lalu meskipun musim ini belum berakhir. Bintang Repsol Honda itu pun mengungkapkan ‘Curahan Hati (Curhat)’ mengenai kesuksesannya selama berkarir di ajang balap Grand Prix.

Pada balapan MotoGP Jepang, Minggu (12/10/2014), Marquez finis kedua di belakang pemenang lomba Jorge Lorenzo dan berada di depan Valentino Rossi dan Dani Pedrosa. Dengan hasil ini, dia sudah dipastikan meraih gelar juara dunia kelas premier meskipun musim ini tersisa tiga seri lagi.

Marquez kini memimpin klasemen dengan keunggulan 82 poin dari Rossi dan Pedrosa yang memiliki poin sama. Jumlah selisih poin itu jelas tak akan bisa terkejar oleh kedua pesaing pembalap Spanyol tersebut.

Berikut Curhat Marquez usai jadi juara dunia tahun ini dalam sebuah wawancara yang dilansir situs resmi MotoGP….

Apakah memenangkan gelar juara dunia ini lebih sulit daripada meraih 10 kemenangan berturut-turut?

“Yang benar adalah bahwa kesalahan selama beberapa balapan terakhir ini sudah membuat saya lebih menghargai setelah memenangkan gelar juara dunia, karena paruh pertama dari musim ini sangat baik, tetapi tampaknya seolah-olah gelar juara itu belum mau muncul. Saya membuat beberapa kesalahan, mungkin disebabkan karena saya terlalu pede memiliki keunggulan yang signifikan. Kemenangan awal itu memungkinkan saya mengambil risiko sedikit lebih dari biasanya. Namun sangat jelas bahwa saya ingin memenangkan gelar juara di sini, di kandang Honda, dan itu juga sangat bagus.”

Anda telah memenangkan empat gelar juara dunia dalam lima tahun. Apakah Anda mendapatkan kesan bahwa hidup Anda akan benar-benar cepat?

“Saya pikir saya tidak menyadarinya. Yang terpenting saya menikmati momen saat ini, karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi besok. Kami telah memenangkan gelar juara dan kami harus merayakan ini, seperti yang kami lakukan dengan setiap kemenangan. Ini sangat bagus untuk berbagi kebahagiaan ini bersama tim.”

Apa yang menonjol mengenai setiap gelar juara yang sudah Anda raih selama karir Anda?

“Jelas setiap gelar juara istimewa – masing-masing memiliki momen. Gelar Juara 125cc adalah yang pertama dan ini selalu sangat menarik. Itu juga lebih sulit karena saya harus menang di balapan terakhir. Gelar juara Moto2 memuaskan dan juga memiliki sedikit rasa amarah dengan itu, setelah apa yang terjadi tahun sebelumnya – lima bulan karena cedera. Tahun pertama di MotoGP merupakan kejutan besar. Dan gelar juara terbaru ini adalah berkat Honda, yang mengizinkan saya membawa semua orang-orang saya, tim saya, kembali bersama-sama dan membuat suasana yang bagus di garasi.”

Apa yang telah Anda perbaiki dari tahun lalu?

“Anda mencoba untuk meningkatkan di semua aspek, tetapi memang benar bahwa saya telah beradaptasi jauh lebih baik untuk paket motor pembalap. Kami telah mengembangkan sasis yang lebih fokus pada gaya membalap dan itu telah membantu saya agar lebih berkonsentrasi pada peningkatan sebagai seorang pembalap, dan tidak begitu banyak untuk membuat motor itu sendiri lebih baik.”

Bagaimana Anda akan menghadapi sisa balapan musim ini?

“Dengan pola pikir menikmati diriku sendiri. Saya tahu ada pertaruhan posisi runner-up dan pembalap lain akan memberikan kemampuan terbaik mereka semua, tapi saya akan fokus melakukan yang terbaik dan menikmati setiap balapan.”

Bagaimana Anda akan menemukan motivasi untuk mempertahankan gelar musim depan?

“Anda menemukan motivasi di mana-mana, terutama setelah tampil dengan sangat baik selama satu tahun. Anda mencoba untuk menjaga performa yang sama dan kemajuan serta tim juga mendorong Anda.”

Apakah saudaramu Alex akan memenangkan gelar juara dunia Moto3?

“Itu tujuannya! Aku akan membantu dia dan mungkin memberinya dorongan penuh. Selain itu, kami harus mengambil semua tekanan yang kami dapat dari dia, karena memimpin seri itu berarti banyak tekanan. Ini akan sangat penting agar membuatnya tenang, sehingga dia bisa mengatasinya dengan baik, tapi saya tahu dari pengalaman bahwa musim sangat panjang dan dalam tiga balapan apa pun bisa terjadi.” – [mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

