Viñales: Saya Selalu Beradaptasi dengan Baik Untuk Motor Baru


35634251341

SDI – Secara resmi tim Suzuki telah mengumumkan bahwa mereka akan kembali ke ajang MotoGP tahun depan bersama dua pembalap Spanyol, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, pada hari Selasa (30/9/2014).

Dalam sebuah wawancara dengan situs resmi MotoGP, setelah memenangi balapan Moto2 Aragon akhir pekan lalu, Vinales mengungkapkan perasaan dan harapannya menjelang debutnya di MotoGP pada tahun 2015 mendatang. Berikut petikan wawancaranya:

Maverick, berita Suzuki (comeback tahun 2015 bersama Anda dan Aleix Espargaro) kini sudah resmi. Bagaimana Anda akan mengatasi tantangan sekaliber ini?

“Ya! Sekarang resmi dan saya senang. Faktanya nama seperti Suzuki mempercayai Anda seperti ini berarti Anda sudah bekerja dengan baik selama bertahun-tahun. Saya berharap untuk memberikan apa yang mereka harapkan dari saya.”

Bagaimana dengan tanggung jawab menjadi pembalap MotoGP dan faktanya bahwa Anda akan berbagi trek balap dengan nama-nama terkenal seperti itu?

“Hal ini akan sangat fantastis untuk bersaing dengan orang-orang seperti Valentino (Rossi), Marc (Marquez) dan Jorge (Lorenzo) … itu sangat luar biasa! Ini merupakan proyek yang sangat bagus, tapi kami harus bekerja sangat keras dan kami sangat kompetitif.”

Apakah Anda mendapatkan kesan bahwa segala sesuatunya terjadi dengan sangat cepat, ataukah progres karir Anda berjalan secara alami? Apakah Anda merasa siap untuk MotoGP?

“Sejujurnya, saya merasa lebih siap untuk itu sepanjang waktu. Dengan masing-masing dan setiap seri balapan yang telah berlalu, saya bekerja lebih baik dan lebih baik di Moto2. Saya tahu lebih banyak tentang tim serta motor dan saya beradaptasi lebih baik setiap waktu di setiap sirkuit. Selain itu, saya semakin lebih percaya diri mengenai keputusan saya sendiri.”

Apakah Anda terkejut sama sekali, ketika Suzuki pertama kali mendekati Anda, yang sepertinya pabrikan besar itu menaruh kepercayaan pada seorang pembalap rookie MotoGP seperti Anda?

“Tentu saja … pada awalnya rasanya itu seperti sebuah lelucon! Saya berada di musim Moto2 pertama saya dan, tiba-tiba, sebuah pabrikan besar seperti Suzuki menginginkan saya. Pada awalnya Anda berpikir sendiri, ‘Mereka akan berbicara dengan saya dalam beberapa tahun’, tetapi akhirnya mereka menginginkan saya untuk tahun depan dan kami mampu mencapai kesepakatan. Ini seperti mimpi. Saya sangat senang bisa pindah ke kelas utama dan saya ingin naik kelas.”

Apakah Anda berharap untuk mencapai kinerja yang sama dengan rekan setim Anda, Aleix Espargaro, ataukah pengalaman MotoGP berarti ia memiliki peran yang lebih menonjol dalam mengembangkan motor?

“Tentu saja, saya percaya Aleix memiliki peran yang sangat penting untuk bermain di sini dan terutama ketika datang ke pengembangan motor. Semuanya akan baru bagi saya. Namun, saya selalu beradaptasi dengan baik untuk motor baru dan saya pasti akan mencoba melakukan yang terbaik yang saya bisa.”

Hanya dalam beberapa hari Anda akan melakukan perjalanan ke Jepang untuk Grand Prix berikutnya. Ini akan menjadi kesempatan yang baik bagi Anda untuk bertemu dengan banyak orang dari Suzuki, atau bahkan mungkin mengunjungi pabrikan …

“Saat ini, tidak ada kunjungan ke pabrikan yang dijadwalkan. Saya akan menunggu untuk melihat apa yang terjadi pekan ini, tapi saya akan senang untuk mengunjungi pabrikan dan bertemu para staf!”

Seberapa dekat Anda ini bisa mengetahui kemajuan motor di lintasan selama sesi uji coba sejauh tahun 2014?

“Sangat erat, saya telah mengikuti segala sesuatunya dan sudah melihat sangat dekat ke dalam torehan waktu. Saya tahu mereka telah meningkat pesat, tetapi jelas bahwa sampai kami menguji motor sendiri kami tidak tahu persis di mana kami berada dalam kaitannya dengan para pesaing kami.”

Sementara itu, janganlah kita lupakan Moto2. Akhir pekan lalu Anda menang di Aragon dan membungkus Rookie of the Year. Apakah itu berarti banyak untuk Anda?

“Tentu saja! Saya datang ke Moto2 untuk mengharapkan pertarungan ketat dengan Luis Salom, yang juga berada di tahun rookie dan dengan dia saya bertarung di Moto3 tahun lalu. Sejauh ini, Luis sudah mengalami kesulitan sedikit lebih dalam kategori Moto2 ini, tapi bagi diriku sendiri gelar Rookie of the Year itu luar biasa dan untuk menutup dengan empat balapan tersisa membuatnya lebih baik.”

Apakah Anda memiliki target spesifik untuk sisa musim ini? Seperti meraup 100 poin atau finish runner-up di kejuaraan, misalnya?

“Meraih gelar juara dunia akan sangat sulit sekarang, tapi saya harap saya bisa mengejar Mika Kallio untuk posisi kedua secara keseluruhan. Saya harus memberikan semuanya, sekalipun (dengan Viñales saat ini ketiga secara keseluruhan dan 41 poin di belakang Kallio). Itulah target yang jelas saya untuk empat balapan terakhir. Saya pikir Tito (Rabat) akan berpikir banyak tentang kejuaraan, jadi saya akan mencoba dan mengambil keuntungan dari itu untuk mencoba dan memenangkan perlombaan yang lainnya.” —[[mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

