Ini Penjelasan Marquez-Pedrosa Tentang Kecelakaan di Aragon


Marquez crash at race aragon 2014

SDI – Marc Marquez dan Dani Pedrosa sama-sama bernasib sial pada balapan MotoGP Aragon, Minggu (28/9). Duet Repsol Honda itu sempat terjatuh meski akhirnya mampu menyelesaikan lomba. Namun keduanya harus kehilangan kemenangan yang sudah di depan mata akibat kesalahan mereka sendiri.

Start dari dua posisi terdepan, Marquez dan Pedrosa menyelesaikan putaran pertama masing-masing di urutan kedua dan keempat. Setelah Andrea Iannone terjatuh, kemudian Marquez memimpin lomba dan mulai bertarung ketat dengan Jorge Lorenzo dan keduanya saling bertukar posisi.

Hujan mulai turun dan pada lap 12 bendera putih dikibarkan, pertanda pembalap diperbolehkan untuk mengganti motor. Namun pertarungan antara Marquez dan Lorenzo berkecamuk meskipun kondisi memburuk. Kemudian Lorenzo memutuskan mengganti motor, dan Pedrosa naik ke posisi dua.

Dua pembalap Honda itu terus memaksakan untuk melaju dan belum mengganti motor, padahal kondisi trek sudah basah. Akibatnya fatal, Pedrosa terjatuh dan kemudian saat tiga lap tersisa Marquez pun terjatuh meskipun keduanya bisa kembali membalap usai ganti motor.

Setelah itu, Lorenzo tak terbendung untuk meraih kemenangan. Sementara Marquez dan Pedrosa harus puas mengakhiri balapan kandang mereka di posisi 13 dan 14.

“Balapan hari ini sulit karena saya, seperti para pembalap MotoGP lainnya, tidak pernah mengalami kondisi trek seperti ini sebelumnya. Itu sangat mengecewakan ketika mulai turun hujan; jika tidak, maka saya kira bahwa Dani, Jorge dan saya akan membuat akhir perlombaan yang sangat menarik bagi para fans,” ujar Marquez.

“Saya pikir bahwa kami melakukan pekerjaan yang baik sepanjang akhir pekan, kecelakaan itu sangat disayangkan. Saya berusaha bertahan karena hanya ada beberapa lap tersisa, tapi hari ini saya belajar bahwa dalam situasi ini lebih baik untuk menggunakan strategi yang berbeda.” Lanjut Marquez di situs resmi MotoGP.

pic-kronologi-pedrosa-crash-at-race-aragon-2014

Sementara Pedrosa menambahkan, “Ini adalah balapan yang sulit dalam kondisi ekstrim, tapi kami mampu membalap sangat baik di paruh pertama lomba dan berpeluang untuk meraih kemenangan. Saya membuat keputusan yang salah tentang kapan harus mengganti motor dan tidak menggantinya di lap yang seharusnya. Ban saya tidak bisa bertahan lebih lama lagi dan saya terjatuh. Untungnya saya bisa kembali balapan dan meraih dua poin dari balapan ini.”

Kini Marquez masih kokoh di puncak klasemen dengan 292 poin, sedangkan Pedrosa di posisi kedua dengan 217 poin. Sementara Lorenzo di urutan keempat dengan 202 poin, tertinggal 12 poin dari peringkat ketiga Valentino Rossi yang juga terjatuh di Aragon. [[mgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

