Jorge Lorenzo Optimis Bangkit di Sisa Musim 2014


314141556

SDI – Menjelang balapan GP Aragon akhir pekan ini, Jorge Lorenzo mengungkapkan secara blak-blakan tentang penampilannya sejauh musim ini dan usahanya untuk kembali ke jalur kemenangan.

Pembalap Movistar Yamaha itu mengawali musim 2014 dengan mengecewakan. Namun kini penampilan Lorenzo dalam beberapa seri terakhir sudah mulai membaik.

Mengenai performa mengecewakan awal musim, Lorenzo menjelaskan “Masalah dengan ban keras pada motor kami, kami butuh Corner Speed yang baik untuk mengkompensasi kelemahan kami dalam akselerasi, top speed atau melewati tikungan dan kami sangat kesulitan saat kami tidak bisa memiliki keuntungan menikung. Juga, kondisi fisik saya di awal tahun ini sangat buruk karena saya menjalani tiga operasi pada musim dingin dan kurangnya perencanaan latihan pra-musim. Saya mulai berlatih lebih dari biasanya.”

“Selain itu, motor ini sangat tidak stabil karena perubahan untuk menjaga satu liter bahan bakar. Kombinasi dari ketiga hal itu membuat saya melaju lebih lambat satu detik dari kemenangan di akhir tahun lalu dalam banyak sesi latihan, mendapatkan hasil yang buruk dan membuat kesalahan. Semuanya berjalan salah, dan ketiga hal ini menciptakan lingkaran setan yang mempengaruhi performa kami.” Lanjut Lorenzo.

Meskipun penampilan terbaik Lorenzo belum terlihat di awal musim 2014 dengan hanya mengumpulkan 22 poin di tiga seri pembukaan, kini ia sudah berjuang untuk kembali konsisten naik podium dalam beberapa balapan terakhir, Silverstone dan Misano.

“Apa yang dibawa Yamaha pasca lomba di Barcelona beberapa bagian itu membuat motor kami membaik. Setelah mesin membaik, saya bisa membalap lebih nyaman, lebih konstan dan cepat di setiap putaran.” Kata Lorenzo.

“Kami melakukan pekerjaan yang luar biasa di Silverstone. Itu nyaris sebuah keajaiban, tapi kami harus bekerja sangat keras dengan set up motor. Saya pikir itu adalah akhir pekan saya bekerja lebih dengan tim selama karir MotoGP saya.”

“Bahkan di sesi Warm Up kami terus mencari solusi dan dalam lomba saya bisa bertarung dengan Marc untuk memperebutkan kemenangan. Tapi kami sudah bekerja keras meningkatkan motor. Kami telah meninggalkan motor yang kami miliki sebelumnya, kami mungkin akan berakhir di bagian bawah di belakang daripada mengatakan tempat kelima.”

Dengan empat kali finis kedua secara beruntun baru-baru ini, Lorenzo kembali menunjukkan kecepatan dan ia pun ingin segera memenangi balapan sebelum musim 2014 berakhir. Ia mengatakan, “Saya tidak pernah meragukan potensi saya atau potensi tim. Saya tahu masalah kami adalah karena kombinasi dari kondisi yang buruk, tapi itu bukan berarti bahwa kami telah tiba-tiba menjadi pecundang atau orang yang tidak dapat melakukan pekerjaan itu.”

“Hal ini bersifat sementara dan karena masalah profesional dan pribadi, dicampur dengan nasib buruk, masalah motor, masalah ban, kesalahan saya, karena kami tidak merencanakan pra-musim dengan cukup baik, karena kurangnya kondisi fisik. Semua itu merupakan periode yang buruk.” Tambahnya.

“Beberapa atlet, ketika mereka berada dalam situasi ini, mereka hanya sedang menurun dan mencapai titik terendah, tapi untungnya bukan dalam kasus saya. Saya pikir kami akan bisa memenangkan perlombaan lagi dan itulah apa yang kami perjuangkan sekarang.” Tuntas Lorenzo. [[ymgp/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

