Marquez-Lorenzo Bicara Soal Senggolan Di Silverstone


silverstone 2014-marquez-vs-lorenzo

SDI – Marc Marquez sukses meraih kemenangan di MotoGP Inggris setelah mengalahkan Jorge Lorenzo. Kedua pembalap tersebut pun mengomentari tentang senggolan yang terjadi saat mereka berduel sengit pada balapan di sirkuit Silverstone, Minggu (31/8).

Start dari pole, Marquez baru bisa memimpin balapan di lap 14 setelah menyalip Lorenzo dan terlibat duel sengit melawan pembalap Movistar Yamaha itu dengan diwarnai senggolan di tiga lap terakhir. Berkat aksi beraninya, ia berhasil finis terdepan untuk meraih kemenangan ke-11 musim ini.

“Kami bersenggolan kecil di tikungan sebelum saya menyalip. Tapi di tikungan berikutnya, overtake terakhir, saya tahu bahwa itu adalah manuver besar, sebuah tindakan agresif, tapi kami tidak bersenggolan. Lap terakhir memang seperti itu.” Ujar Marquez.

Pada tahun lalu, Marquez juga bertarung ketat melawan Lorenzo di Silverstone. Namun saat itu ia dikalahkan rekan senegaranya. Bintang Repsol Honda itu mengatakan, “Tahun lalu di tikungan terakhir dia menyalip saya dan kami mengalami beberapa senggolan kecil juga. Tapi tahun ini saya pikir semuanya baik-baik saja.”

Kini Marquez makin kokoh di posisi teratas di klasemen sementara. Ia pun menilai hasil di Silverstone sangat baik setelah kekalahan di GP Ceko. Ia mengatakan, “Hal ini bagus, setelah Brno, untuk kembali ke podium dan berada di puncak. Saya katakan bahwa jika saya memiliki kesempatan untuk menang itu saya akan mencobanya.”

“Pada awalnya saya berusaha menjaga ban tapi itu sulit karena ritme ini adalah reli yang tinggi. Aku mencoba menghemat ban belakang karena terutama di sisi kiri, seperti yang Anda lihat di TV di lap terakhir, saya mencapai limit. Saya pikir semua orang sama,”

“Kami mungkin memperkirakan balapan hari ini berbeda, tapi Jorge benar-benar kuat dari awal tetapi sepanjang lomba kami meningkat dan pada akhir kami mampu bertarung dengan dia. Saya hanya menyerang di akhir karena biasanya saya merasa lebih nyaman pada ban yang digunakan.” Tuntas Marquez.

Sementara itu, Lorenzo tak mempermasalahkan kejadian di Silverstone. Namun ia hanya menilai bahwa penampilan Marquez sangat agresif dibandingkan para pembalap lainnya.

“Tidak, [itu bukan aksi yang tidak fair] itu cuma agresif. Marc lebih agrersif dibanding pebalap yang lain dan dia punya motor yang mengizinkan dia berkendara dengan cara seperti itu,” sahut Lorenzo dilansir Crash.

“Dia sangat baik dalam pengereman. Tapi motor kami saat ini, meski sudah mengalami kemajuan dalam pengereman dibanding tahun lalu, tidak bisa mengambil jalur balap yang sama seperti dia. Jadi sangat sulit mempertahankan posisi,” lanjutnya.

Selain kemampuan motor yang masih kalah, Lorenzo juga menyebut kondisi ban motor sangat tidak mendukung performanya. Karena daya cengkram ban yang sangat buruk membuat dia tidak mampu berakselerasi saat keluar dari tikungan.

“Bagaimanapun ban di akhir pekan ini bukan merupakan hal yang terbaik yang kami punya. Kami mengembangkan motor dengan baik sejak Jumat, yang ketika itu sangatlah buruk. Saya kehilangan waktu 1,3 detik setiap lap, jadi finis 7/10 detik (di belakang Marquez) setelah 20 lap adalah sesuatu yang tidak kami harapkan,” jelas Lorenzo.

“Kami meningkatkan kecepatan di tikungan saat pemanasan dan akhirnya saya membuat start yang baik tahun ini dan memimpin di tikungan pertama, saya mendorog sangat keras agar melaju secepat mungkin yang lebih baik dari sebelumnya.”

“Kami butuh beberapa persepuluh untuk membuka gap. Kami memiliki hanya empat atau 5/10 detik dan dia mengejar saya di beberapa bagian trek. Saya tak punya apa-apa lagi untuk melawan, terutama ketika ban belakang mulai menurun. Saya tidak punya akselerasi yang sama seperti saat di awal lomba,”

“Jadi saya kalah dalam pengereman, saya tidak bisa membuat akselerasi seperti pada bagian pertama dari perlombaan. Tapi kami meninggalkan segala sesuatunya di trek, jadi saya sangat bangga dengan balapan saya.” Tutup Lorenzo. [[cn/sdi – follow @sneijdera21]]

Tinggalkan Balasan

