Ini Curhatan Leon Camier Jelang Debut MotoGP di Indianapolis


Ini Curhatan Leon Camier Jelang Debut MotoGP di Indianapolis

SDI – Leon Camier akan menjadi pembalap Inggris ketiga di MotoGP yang start di grid karena dia akan melakoni debut kelas utama nya di Indianapolis akhir pekan ini. Dia akan menggantikan pembalap Drive M7 Aspar Nicky Hayden.

Setelah melakukan operasi, Hayden kini sedang menjalani pemulihan cedera pergelangan tangan kanannya dan dipastikan akan absen di GP Indianpolis dan Brno. Dengan demikian Camier akan mengendarai Honda RCV1000R dan menjadi rekan setim Hiroshi Aoyama di dua seri ke depan.

Sebelumnya, Camier sudah ditetapkan akan membalap dengan IodaRacing Project pada musim ini sebelum kemudian pada akhirnya ia batal tampil di ajang MotoGP karena tak ada sponsor.

Meski hanya sebagai rider pengganti, namun kini Camier tetap antusias untuk memulai debut nya di kelas utama bersama tim Aspar. Berikut Curahan Hati (Curhat) pembalap yang akan berusia 28 tahun itu dalam sebuah interview dengan situs resmi MotoGP.

Leon, Anda akan melakoni debut MotoGP di Indianapolis. Bagaimana perasaan Anda?

“Ini semua sangat menarik! Hal terbesar adalah hanya untuk belajar. Saya tidak berpikir ada ekspektasi apapun, itu hanya tentang belajar. Saya sangat ingin mempelajari tim, motor, ban dan rem yang semuanya baru dan saya belum tahu trek itu dengan baik. Jadi ini sebuah tantangan, sejujurnya!”

Bagaimana membalap bersama Aspar terjadi?

“Setelah saya kehilangan membalap untuk Ioda, saya balapan untuk BMW di World Superbike setelah Sylvain Barrier mengalami cedera. Saya menjalani sejumlah balapan yang sangat baik bersama mereka. Pada akhirnya, saya menerima telepon dari Aspar untuk mengetahui bagaimana situasinya karena mereka tahu ada masalah dengan pergelangan tangan Nicky. Pada dasarnya, dalam percakapan Nicky tidak bisa membalap. Dia memutuskan untuk menjalani operasi dan kemudian saya dipanggil.”

Apakah ada target tertentu untuk akhir pekan ini?

“Saya tidak memiliki satu target apapun saat ini. Saya hanya perlu memenfaatkan kesempatan ini karena semuanya baru. Saya tak tahu apapun tentang situasi sekarang, jadi saya hanya akan terus berusaha hingga kami menjalani sesi kualifikasi, Warm-Up dan sebagainya. Saya yakin saya akan terus meningkatkan. Dengan banyak pembalap yang datang dari Superbike, dibutuhkan bagian terbaik dari setahun untuk belajar, jadi bagi saya melompat hanya untuk dua balapan itu cukup sebuah pembelajaran (tertawa)!”

Meskipun banyak bagian dari tantangan ini adalah baru bagi Anda, salah satu aspek yang sudah akrab yaitu Frankie Carchedi yang sebelumnya Anda telah bekerja bersamanya …

“Ya, benar. Ada beberapa teknisi di tim dan Frankie adalah salah satu orang yang bertanggung jawab atas chassis dan elektronik. Dia tahu apa yang saya butuhkan dan saya pikir itu akan membuat perbedaan yang nyata. Saya hanya harus mendapatkan dan mencoba. Ini merupakan langkah pertama. Segera setelah saya mencoba, saya akan tahu keberadaan saya dengan segala sesuatunya. Yang pasti, saya mengerti tantangan yang saya hadapi, tapi pada saat yang sama saya di sini selama beberapa balapan sampai Nicky siap, kapan pun itu memungkinkan. Saya tidak perlu mencoba melakukan sesuatu yang sangat istimewa; Saya hanya harus belajar – itu adalah hal terbesar.“

Apakah Nicky Hayden tidak akan siap untuk kembali setelah Brno, Anda mungkin bisa bersaing di GP Inggris di Silverstone …

“Jujur, itu akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya. Saya tak berharap apapun kemalangan menimpa pada Nicky, meskipun, karena saya tahu berada di posisi yang sama persis seperti dia bahwa itu bukan perasaan yang bagus untuk memiliki orang lain datang dan mengambil tempat Anda, sekalipun itu hanya sementara. Saya tahu bahwa di semua paddock Nicky dianggap sebagai legenda di MotoGP, jadi saya tak ingin sesuatu yang buruk menimpanya, tapi tentu saja saya akan senang untuk balapan di Grand Prix kandang saya.”

Apakah Anda pikir Anda membalap bersama Aspar akan berdampak pada apa yang terjadi tahun depan?

“Saya yakin jika saya melompat dan mulai menghantam Marquez, maka saya mungkin memiliki kesempatan membalap di MotoGP tahun depan (tertawa)! Secara Realistis, Anda tidak pernah tahu. Jika semuanya berjalan dengan baik, maka mungkin sesuatu bisa terjadi, tapi saya tak berharap sebuah keajaiban.”

Jadi, apakah itu masih terlalu dini untuk berbicara tentang musim depan?

“Jujur, saya tidak tertarik untuk pergi ke MotoGP kecuali dengan sesuatu yang kompetitif. Ini sama dengan World Superbike; Anda bisa pergi ke sana dengan motor dan situasi yang kurang tepat dan Anda hanya akan berada di belakang – Hal itu sesederhana seperti itu. Jalan aturan Superbike menuju itu memungkinkan untuk lebih banyak motor yang berpotensi melaju cepat. Dari apa yang saya pahami, yaitu bagaimana MotoGP sedang menuju seperti itu juga, mencoba membuat hal-hal sedikit lebih dekat antara motor dan tim di depan dan orang-orang kelompok tengah. Pilihan saya terbuka saat ini. Saya hanya menunggu untuk melihat apa yang terjadi. Saya tahu bahwa di World Superbike semua orang mulai berbicara pada bulan depan atau dua, jadi saya akan melihat apa yang terjadi dan pergi dari sana.”

Apakah Anda berbicara dengan tim MotoGP tentang membalap untuk tahun 2015?

“Ada diskusi tentang beberapa hal tetapi untuk sekarang kami harus menunggu dan melihatnya. Semuanya masih terlalu dini dan itu semua sangat terbuka untuk saat ini.” — (mgp/sdi – follow @sneijdera21))

Tinggalkan Balasan

