Márquez: “Jorge, Dani, dan Valentino Masih Berada Di Level Lain”


Marquez-Gala-Mundo-Devortivo

SDI – Rookie MotoGP, Marc Márquez menerima sebuah penghargaan dari surat kabar Spanyol Mundo Deportivo, di Barcelona kemarin. Pembalap Repsol Honda Team tersebut menilai bahwa penghargaan ini merupakan hadiah atas pencapaiannya selama ini.

“Ini merupakan sebuah kehormatan untuk menjadi salah satu pemenang dalam Gala Mundo Deportivo,” Kata Marquez seperti di situs resmi MotoGP. “Meskipun yang terpenting adalah menikmati diriku sendiri di atas motor, penghargaan ini juga sedikit hadiah atas semua pekerjaan yang sudah dilakukan.”

Marquez akan menjalani musim pertamanya di kelas premier tahun ini. Pembalap asal Spanyol itu mengatakan semua hal tersebut merupakan sesuatu yang baru, dan ia akan berusaha untuk menjalaninya dengan sebaik mungkin.

“Pada tahun 2013 semuanya tampak baru bagi saya, menjadikan lompatan ke MotoGP. Saya akan melihat bagaimana kelanjutannya, dan akan berusaha, dan menikmati tahun ini.” Ujar Marquez.

Setelah menjalani tiga hari tes pramusim di Sepang tahun ini, performa Marquez sangat bagus dan ia senang sudah bisa merasa nyaman dengan RC213V miliknya.

“Saya merasa sangat baik sepanjang tiga hari. Itu sangat penting, dan saya membuat start yang baik sejak hari pertama. Dan itu sedikit lebih baik dari yang saya harapkan, tapi masih terdapat pra-musim panjang ke depan, jadi kami harus tetap bekerja, dan saya memiliki banyak hal untuk mempelajarinya.” Jelas pembalap berusia 19 tahun ini.

Pada tes Sepang 5-7 Februari lalu, Marquez tampil konsisten dengan menempati posisi ketiga di dua hari pertama di belakang Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo, dan pada hari terakhir uji coba turun ke urutan keempat setelah disalip Valentino Rossi.

Meski demikian, Juara Dunia Moto2 musim lalu tersebut tidak terlalu terbawa oleh ekspektasi yang berlebihan. Marquez merasa bahwa ia harus lebih fokus untuk mempelajari berbagai hal ketimbang harus memikirkan pertarungan dengan para pembalap unggulan seperti Lorenzo, Pedrosa dan Rossi untuk saat ini.

“Pada akhirnya saya pikir Jorge, Dani dan Valentino berada di level lain sekarang, dan itu bukan perangku. Pertempuran saya adalah dengan motor, belajar, mengetahui reaksi, memperoleh pengalaman, mengumpulkan mil, dan dari sanalah hasilnya secara bertahap akan datang.” Kata Marquez.

“Hal ini jelas bahwa saya memiliki ambisi yang sama seperti sebelumnya, tapi saya harus menyadari bahwa di MotoGP ada pembalap terbaik di dunia, dan motor ini sangat berbeda dari apa yang telah dikendarai sejauh ini, dan sangat sulit untuk memahami sepenuhnya.” Tambahnya.

Selain itu, Marquez juga mengungkapkan bahwa ia akan mengamati, dan memperlajari kelebihan yang dimiliki para pesaingnya. Karena dari situlah pembalap bernomor 93 ini bisa mengambil sisi positifnya agar kemampuan dirinya terus berkembang.

“Dari para pesaingku, saya mencoba mempelajari segala sesuatu yang saya bisa melihat bagaimana membalap, line mereka, apa yang mereka lakukan, dan mengapa mereka melakukannya. Dari sinilah, saya akan berusaha mengambil sisi positif dan mempelajarinya.” Tandas Marquez.

Tinggalkan Balasan

